Batik Srigaya dari Kediri: Warisan Budaya dengan Sentuhan Modern

Batik Srigaya
Sumber :
  • IG/batik.srigaya

Kediri, WISATA – Batik Srigaya merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang berasal dari Kediri, Jawa Timur. Batik ini dikenal dengan motifnya yang khas dan kaya akan makna filosofis, menjadikannya salah satu produk unggulan daerah yang mampu bersaing di pasar lokal maupun internasional.

Pop Mason52: Kafe Spesial Teh Berkualitas yang Tempati Gedung Bersejarah Terkait dengan Freemasonry

Salah satu motif Batik Srigaya yang ada saat ini mengadopsi dari relief Candi Surowono dan Candi Tegowangi yang ada di Kabupaten Kediri. Alasan utama mengambil motif dari relief percandian yaitu untuk mengangkat candi-candi yang ada di daerah lokal.

Batik Srigaya

Photo :
  • IG/batik.srigaya
Tenun Ikat Sintang, Cerminan Identitas Budaya dan Kekayaan Tradisi Masyarakat Dayak di KalBar

"Srigaya fokusnya adalah mengambil beberapa ragam hias yang ada di beberapa relief percandian baik itu Surowono maupun Tegowangi dituangkan ke dalam wastra dengan alasan yang pertama agar candi-candi yang ada dilokal itu bisa terangkat. Kami menyadari bahwa seiring berjalanna waktu candi akan mengalami kerusakan baik itu karena usia, ulah manusia dan karena bencana," ujar Rifky Fandanu, M.Pd, pemilik UMKM Batik Srigaya Desa Semanding, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri.

Rifky menambahkan usaha batik tulis dan cap yang ditekuni dirintis sejak April tahun 2022 dan hingga saat ini telah memiliki pelanggan baik dari kalangan menengah keatas maupun menegah ke bawah.

8 Top Destinasi Wisata di Kota Semarang, yang Menawan Hati

Ia berharap usaha batik yang ada saat ini dapat bermanfaat untuk semua orang dan menginginkan agar Kediri memiliki identitas kuat yang terkenal dengan kerajaannya, serta semakin banyak para pengerajin, para pengusaha muda yang peduli dengan batik.

Halaman Selanjutnya
img_title