Ternyata Ini yang Dilakukan Para Pendaki dalam Merayakan HUT Kemerdekaan RI Selain Kibar Bendera

Kibar bendera di Gunung
Sumber :
  • IG/magmadventure

Malang, WISATA – Merayakan Hari Kemerdekaan di gunung memiliki beberapa tradisi khusus yang sering dilakukan oleh pendaki. Pendaki sering mengibarkan bendera Merah Putih di puncak gunung sebagai simbol perayaan kemerdekaan. Upacara ini biasanya dilakukan pada tanggal 17 Agustus.

Ibu-ibu RT 4 RW 6 Tlogomas Malang Meriahkan HUT Kemerdekaan RI dengan Berbagai Lomba

Beberapa grup pendaki mengadakan lomba dan permainan tradisional di lokasi perkemahan. Ini bisa termasuk lomba balap karung, tarik tambang, atau permainan lain yang mempererat kebersamaan. Sedangkan di beberapa lokasi, pendaki mengadakan pentas seni dan budaya seperti tarian, musik, atau drama. Ini menjadi momen untuk mengekspresikan rasa cinta terhadap tanah air.

Yang tidak pernah absen adalah para pendaki sering mengadakan doa bersama untuk menghormati para pahlawan dan mendoakan keselamatan bangsa, dalam memperingati HUT kemerdekaan RI di Gunung.

INFO HAJI: Sambut Kedatangan Jemaah Haji Indonesia, Daker Makkah Gelar Doa

Namun yang terpenting sebelum mendaki gunung, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan agar pendakian berjalan lancar dan aman. Karena setiap gunung memiliki medan yang berbeda-beda, perlu mempelajari lokasi tujuan pendakian misalnya dengan mencari tahu tentang teknis rute pendakian, ketinggian, izin pendakian, cuaca, dan lain-lain. Dengan memahami lokasi, Anda bisa mempersiapkan stamina dan logistik dengan baik.

Lakukan olahraga beberapa minggu sebelum hari pendakian. Jogging, bersepeda, dan jalan kaki membantu mempersiapkan fisik Anda. Jalur yang menanjak, udara dingin, dan oksigen yang tipis akan menjadi tantangan, jadi persiapkan tubuh Anda dengan baik.

Pasir Laut: Material Tersembunyi dalam Konservasi Pesisir atau Hanya Bagian dari Sedimen Laut?

Pastikan Anda membawa peralatan yang sesuai dengan fungsi dan lokasi pendakian. Beberapa peralatan yang umumnya dibawa adalah tas carrier, sepatu hiking, jaket, pisau lipat, senter, kompas, dan perlengkapan P3K.

Selain membawa peralatan, penting juga memahami cara menggunakannya. Anda bisa mengikuti kursus pendaki gunung atau mempelajarinya lewat internet. Hal ini akan membantu membuat keputusan yang baik saat mendaki.

Halaman Selanjutnya
img_title