Joel Kojo: Striker Kirgistan yang Dipuja Penggemar Timnas Indonesia

Joel Kojo
Sumber :
  • tvonews.com

Jakarta, WISATA - Meskipun bukan pemain keturunan Nusantara, Joel Kojo pernah dipuja-puja oleh banyak penggemar Timnas Indonesia. Sosok striker Kirgistan ini dianggap sebagai pahlawan yang membantu Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Bagaimana situasi ini bisa terjadi?

TIMNAS U-20 INDONESIA: Jens Raven Cetak Gol Lagi, Suporter Minta Gantikan Rafael Struick

Kiprah Joel Kojo di Piala Asia 2023

Joel Kojo merupakan salah satu striker andalan Kirgistan yang berpartisipasi dalam kejuaraan Piala Asia 2023. Pada turnamen tersebut, harapan Kirgistan untuk lolos ke babak 16 besar cukup sulit karena mereka harus memenangkan laga terakhir melawan Oman. Di sisi lain, hasil laga Kirgistan melawan Oman juga mempengaruhi kelolosan Timnas Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

RANKING FIFA: Indonesia Naik Empat Tingkat ke-129 Sejak Kamis (20/9/2024)

Timnas Indonesia saat itu harus menunggu hasil dari negara pesaing di grup lain untuk memastikan tempat mereka di babak 16 besar. Ini terjadi karena Timnas Indonesia gagal mengamankan dua slot teratas grup D yang telah diklaim oleh Irak dan Jepang, sehingga hanya berharap lolos dari jalur peringkat tiga terbaik.

Penantian Menegangkan

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: Thom Haye Resmi Gabung Almere City FC, Oktober Balik Lagi ke Timnas

Peluang Timnas Indonesia untuk lolos memang terbilang kecil mengingat mini klasemen peringkat tiga terbaik hampir semuanya telah terisi. Hingga akhirnya, pasukan Shin Tae-yong harus menunggu laga terakhir di grup lain yang mempertemukan Kirgistan dengan Oman. Skenarionya, jika duel tersebut berakhir imbang, maka Timnas Indonesia yang berhak mengamankan tiket terakhir ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Jutaan penggemar Timnas Indonesia pun ikut menyaksikan laga antara Kirgistan dan Oman pada malam itu. Harapan sempat memudar ketika Oman sukses mencetak gol di awal laga. Namun, Joel Kojo tampil sebagai pembeda dengan satu golnya yang membuat laga berakhir imbang 1-1. Skor ini memastikan Timnas Indonesia mendapatkan tiket terakhir ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title