Shin Tae-yong: Target Lebih Penting dari Sekadar Juara Piala AFF 2024

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong asal Korea Selatan
Sumber :
  • pssi.org

Jakarta, WISATA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menegaskan bahwa ada target yang lebih penting dan ambisius yang harus dicapai ketimbang sekadar mengejar gelar juara Piala AFF 2024. Meskipun prestasi di ajang regional ini penting, pelatih asal Korea Selatan tersebut mengarahkan fokus pada tujuan yang lebih besar.

TIMNAS U-20 INDONESIA: Jens Raven Cetak Gol Lagi, Suporter Minta Gantikan Rafael Struick

Sejak mengasuh Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dihadapkan pada berbagai ekspektasi tinggi dari berbagai pihak. Namun, gelar Piala AFF yang belum pernah diraih menjadi salah satu sorotan utama. Prestasi terbaik Shin Tae-yong dalam turnamen ini adalah membawa Indonesia sebagai runner-up pada edisi 2020. Tahun ini, Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia kembali bersiap untuk berlaga di Piala AFF 2024 yang akan digelar dari 23 November hingga 21 Desember 2024.

Perjalanan Timnas di Piala AFF 2024

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: Cerita Mees Hilgers Saat Pilih Indonesia Meski Sempat Debut di Belanda

Timnas Indonesia berada di Grup B bersama Vietnam, Filipina, dan Laos. Dengan komposisi grup ini, ekspektasi publik terhadap Timnas Indonesia untuk meraih trofi pertamanya di Piala AFF semakin melambung tinggi. Performa apik dalam ajang terakhir seperti Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026 semakin menguatkan keyakinan ini.

Namun, Shin Tae-yong mengingatkan bahwa Piala AFF bukanlah satu-satunya tujuan yang harus dikejar Timnas Indonesia. Menurutnya, ada ajang yang lebih prestisius dan memberikan dampak lebih besar bagi perkembangan sepak bola nasional, yaitu Piala Asia dan Piala Dunia.

TIMNAS SENIOR INDONESIA: Reaksi Tijjani Reijnders, Usai Adiknya Memilih Bela Timnas Indonesia

Fokus pada Prestasi Lebih Tinggi

"Jujur, saya tidak tahu, tapi yang pastinya AFC lebih besar dari AFF," ujar Shin Tae-yong dalam wawancara di Jakarta, Selasa (28/5). Pelatih berusia 51 tahun ini menekankan bahwa fokus Timnas Indonesia seharusnya tidak hanya terkurung pada gelar di Piala AFF saja.

Halaman Selanjutnya
img_title