Studi Baru Menantang Keyakinan tentang Pelestarian Otak Manusia selama Ribuan Tahun

Otak Manusia
Sumber :
  • Instagram/neurocirurgiabr

Malang, WISATA – Penelitian terbaru yang dipimpin oleh Alexandra Morton-Hayward, antropolog forensik dari Universitas Oxford, menantang keyakinan lama tentang pembusukan otak manusia setelah kematian. 

Proyeksi Ekonomi Global dan Dampaknya Terhadap Indonesia: Analisis Terkini

Bertentangan dengan kepercayaan lama bahwa otak akan cepat terurai setelah mati, penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the Royal Society B ini menunjukkan bahwa otak manusia dapat bertahan selama ribuan tahun dalam kondisi tertentu. 

Penelitian bertajuk “Otak manusia bertahan di lingkungan yang beragam setidaknya selama 12.000 tahun” ini merupakan puncak dari penelitian global ekstensif yang dilakukan oleh Morton-Hayward dan timnya. Upaya kolaboratif ini melibatkan penelusuran catatan arkeologi dari berbagai sumber, mengumpulkan data dari lebih dari 4.400 otak manusia yang diawetkan selama sekitar 12.000 tahun sejarah.

JAY IDZES: Tetiba, Media Italia Soroti Jay di Timnas, Ada Apa?

Secara tradisional, pelestarian jaringan lunak dalam catatan arkeologi dipandang sebagai hal yang langka dan kelangsungan hidup otak dianggap lebih luar biasa, terutama jika tidak ada jaringan lunak lainnya. Namun, penelitian ini mengungkapkan bahwa jaringan saraf bertahan jauh lebih banyak daripada yang diketahui sebelumnya, hal ini disebabkan oleh kondisi yang menghambat pembusukan.

Arsip yang dikumpulkan oleh Morton-Hayward dan rekan-rekannya menampilkan beragam lingkungan pelestarian otak, mulai dari hamparan es di Kutub Utara hingga gurun gersang di Mesir Kuno. Yang mengejutkan, lebih dari 1.300 otak yang diawetkan ditemukan sebagai satu-satunya jaringan lunak yang masih bertahan di sisa-sisa kerangka, sehingga menyoroti ketahanan luar biasa dari organ ini 

Seiring Banyaknya Diaspora Indonesia Tempe meng-Global ke Berbagai Belahan Dunia

Morton-Hayward menekankan potensi otak kuno ini sebagai gudang informasi tentang masa lalu kita. Dia berkomentar, “Kami menemukan jumlah dan jenis biomolekul kuno yang luar biasa terawetkan dalam otak arkeologis ini dan sangat menarik untuk mengeksplorasi semua yang dapat mereka ceritakan tentang kehidupan dan kematian nenek moyang kita.” 

Mekanisme di balik pelestarian otak purba ini masih penuh teka-teki. Meskipun faktor-faktor seperti pembekuan, dehidrasi dan penyamakan telah terlibat dalam pengawetan jangka pendek, kegigihan otak selama ribuan tahun menunjukkan adanya mekanisme pengawetan yang tidak diketahui secara spesifik pada sistem saraf pusat. Mekanisme yang diusulkan mencakup ikatan silang molekuler dan kompleksasi logam, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menjelaskan proses ini sepenuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title