Mitos atau Fakta Krupuk Emping Melinjo Bisa Memicu Asam Urat

Kerupuk Emping Mlinjo
Sumber :
  • roysfoodexpress.blogspot

Malang, WISATA - Emping melinjo, camilan yang sering ditemui di berbagai acara dan menjadi favorit banyak orang, sering kali dikaitkan dengan risiko meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Tetapi, apakah benar emping melinjo bisa memicu asam urat? Mari kita bahas lebih lanjut untuk memahami kebenaran di balik mitos ini.

Inilah Tren Kategori Konten Internet yang Paling Banyak Diakses di Indonesia Tahun 2024

Apa Itu Asam Urat?

Asam urat adalah zat hasil pemecahan purin dalam tubuh. Purin sendiri adalah senyawa yang ditemukan dalam berbagai makanan dan minuman. Ketika tubuh memecah purin, terbentuklah asam urat. Dalam kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dibuang melalui urine. Namun, ketika produksi asam urat berlebihan atau tubuh kesulitan mengeluarkannya, asam urat dapat menumpuk dan membentuk kristal di persendian, menyebabkan nyeri dan peradangan yang dikenal sebagai penyakit asam urat atau gout.

Mitos atau Fakta, Mengkonsumsi Petai Menyebabkan Badan Pegal-pegal dan Darah Tinggi

Kandungan Purin dalam Melinjo

Melinjo (Gnetum gnemon) merupakan tanaman yang bijinya sering diolah menjadi emping. Menurut penelitian, melinjo mengandung purin yang cukup tinggi. Konsumsi melinjo yang berlebihan dapat meningkatkan kadar purin dalam tubuh, yang kemudian diubah menjadi asam urat.

Mitos atau Fakta Mengkonsumsi MSG Berbahaya bagi Kesehatan

Emping Melinjo dan Risiko Asam Urat

Emping melinjo, karena berasal dari biji melinjo, juga mengandung purin. Konsumsi emping melinjo secara berlebihan berpotensi meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Berdasarkan data dari berbagai sumber medis, melinjo memiliki kandungan purin yang tergolong tinggi, yang berarti bahwa emping melinjo dapat berkontribusi pada peningkatan kadar asam urat jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan secara teratur.

Halaman Selanjutnya
img_title