7 Manfaat Meditasi untuk Fisik dan Mental yang Tidak Banyak Diketahui

Meditasi
Sumber :
  • pixabay

Malang, WISATA - Meditasi telah lama dikenal sebagai praktik yang dapat menenangkan pikiran dan meredakan stres. Namun, manfaat meditasi ternyata lebih dari sekadar relaksasi mental. Meditasi memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan fisik dan mental yang mungkin belum banyak diketahui. Artikel ini akan mengupas tujuh manfaat meditasi yang dapat Anda rasakan jika melakukannya secara rutin.

Mendoakan Kebaikan untuk Orang Lain, Begini Manfaatnya untuk Kita

1. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Salah satu manfaat meditasi yang paling signifikan adalah peningkatan konsentrasi dan fokus. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science pada tahun 2020 menunjukkan bahwa meditasi dapat meningkatkan kemampuan untuk mempertahankan perhatian pada tugas tertentu. Praktik meditasi seperti mindfulness membantu melatih pikiran untuk tetap fokus pada saat ini, yang pada gilirannya dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja dalam pekerjaan maupun studi.

"Cinta adalah Kebahagiaan yang Ditemukan dalam Kebijaksanaan dan Kebajikan" - Socrates

2. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Meditasi adalah alat yang efektif untuk mengurangi stres dan kecemasan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH) pada tahun 2022, meditasi mindfulness dapat mengurangi gejala kecemasan dan meningkatkan kesejahteraan mental secara keseluruhan. Melalui meditasi, tubuh memproduksi lebih sedikit hormon kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres, sehingga membantu menenangkan pikiran dan tubuh.

Seneca: "Hidup Ini Singkat, tetapi Cukup Panjang Jika Kita Menghabiskannya dengan Bijaksana"

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagi mereka yang sering mengalami kesulitan tidur, meditasi dapat menjadi solusi yang efektif. Penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine pada tahun 2015 menemukan bahwa meditasi mindfulness dapat membantu mengurangi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur. Dengan menenangkan pikiran sebelum tidur, meditasi membantu menciptakan kondisi yang lebih baik untuk tidur nyenyak dan bangun dengan perasaan segar.

Halaman Selanjutnya
img_title