Hutan Paling Awal di Bumi Terungkap dalam Fosil Somerset, Inggris

Fosil Hutan yang Ditemukan di Somerset, Inggris
  • Instagram/seeker

Malang, WISATA – Fosil hutan tertua yang diketahui di bumi berasal dari 390 juta tahun yang lalu, telah ditemukan di tebing batu pasir tinggi di sepanjang pantai Devon dan Somerset di Inggris Barat Daya.

Lingkaran Batu Castlerigg Stone Circle 700 Tahun Lebih Awal dari pada Stonehenge

Fosil tersebut, yang ditemukan dan diidentifikasi oleh para peneliti dari Universitas Cambridge dan Cardiff, merupakan fosil pohon tertua yang pernah ditemukan di Inggris dan fosil hutan tertua yang diketahui di bumi. Fosil hutan ini kira-kira empat juta tahun lebih tua dari pemegang rekor sebelumnya, yang ditemukan di Negara Bagian New York.

Fosil tersebut ditemukan di dekat Minehead, di tepi selatan Selat Bristol, dekat tempat yang sekarang menjadi kamp liburan Butlin. Pohon-pohon fosil yang dikenal dengan nama Calamophyton ini sekilas menyerupai pohon palem, namun merupakan 'prototipe' dari jenis pohon yang kita kenal sekarang. Daripada kayu solid, batangnya tipis dan berlubang di tengahnya. Mereka juga tidak memiliki daun, dan cabang-cabangnya ditutupi ratusan struktur mirip ranting.

Para Arkeolog Temukan Bukti Baru bahwa Kutu Busuk Masuk Inggris Bersama bangsa Romawi

Bentuk Pohon di Hutan Tertua

Photo :
  • Instagram/geolsoc

Pohon-pohon ini juga jauh lebih pendek dibandingkan keturunannya: yang terbesar tingginya antara dua dan empat meter. Saat pohon-pohon tumbuh, mereka melepaskan cabang-cabangnya, menjatuhkan banyak serasah tumbuhan, yang menopang invertebrata di lantai hutan.

Sisa-sisa Teater Romawi ditemukan di Faversham, Inggris

Para ilmuwan sebelumnya berasumsi bahwa bentangan pantai Inggris ini tidak mengandung banyak fosil tumbuhan, namun temuan fosil ini, selain usianya, juga menunjukkan bagaimana pepohonan purba membantu membentuk lanskap dan menstabilkan tepian sungai dan garis pantai ratusan juta tahun yang lalu. Hasilnya dilaporkan dalam Journal of Geological Society.