Bukti Pemukiman Berusia 14.000 Tahun Ditemukan di Kanada, Lebih Tua dari Piramida Giza di Mesir

Keturunan Bangsa Heiltsuk
Sumber :
  • Instagram/everydayindigeousresurgence

Malang, WISATA – Tim arkeolog dan mahasiswa dari Institut Hakai, Universitas Victoria di British Columbia dan First Nations setempat telah menemukan sisa-sisa pemukiman yang ada sebelum piramida Mesir di Giza. 

Inilah Sebabnya, Mengapa Piramida Mesir Dibangun di Sepanjang Jalur Gurun Pasir

Menurut Alisha Gauvreau, seorang mahasiswa di Universitas Victoria, situs di Pulau Triquet, sekitar 300 mil dari Victoria di British Columbia bagian barat, telah menghasilkan peninggalan dengan penanggalan karbon berusia 14.000 tahun yang lalu, sekitar 9.000 tahun lebih tua dari piramida. 

Pemukiman tersebut, yang sekarang dianggap sebagai pemukiman tertua yang pernah ditemukan di Amerika Utara, berisi peralatan, kail ikan, tombak dan tungku masak yang masih menyimpan potongan arang yang mungkin dibakar oleh orang-orang kuno tersebut. Potongan-potongan arang merupakan temuan penting karena mudah untuk diberi tanggal karbon. 

Huaca Pucllana: Piramida Kuno Besar yang Mungkin Tidak Pernah Anda Ketahui Keberadaannya

Apa yang mengarahkan mereka ke situs khusus ini adalah berkaitan dengan cerita lama di mana ada kelompok masyarakat Heiltsuk yang merupakan penduduk asli daerah tersebut, yang menempati sebidang tanah kecil yang tidak pernah membeku, bahkan pada zaman es terakhir. Ini memicu rasa ingin tahu di kalangan mahasiswa, dan mereka berangkat mencari tempat tersebut. 

Juru bicara masyarakat adat Heiltsuk First Nation, William Housty, mengatakan “sungguh menakjubkan” bahwa cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi ternyata mengarah pada penemuan ilmiah. 

Merkuri Cair Ditemukan di Piramida Meksiko Kuno: Bahan Bakar Pesawat Luar Angkasa Alien?

“Penemuan ini sangat penting karena menegaskan kembali banyak sejarah yang telah dibicarakan masyarakat kita selama ribuan tahun,” katanya. Cerita-cerita tersebut menggambarkan Pulau Triquet sebagai tempat perlindungan yang kekal karena fakta bahwa permukaan laut di daerah tersebut tetap stabil selama 15.000 tahun. 

Suku ini telah mengalami banyak perselisihan mengenai hak atas tanah dan Housty merasa bahwa mereka akan berada dalam posisi yang kuat di masa depan dengan tidak hanya cerita lisan tetapi juga bukti ilmiah dan geologis yang mendukungnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title