Misteri Sebuah Keluarga Dari Abad Ke-18 yang Ditemukan Di Dalam Peti di Hongaria

Keluarga Abad ke-18 yang Ditemukan dalam Peti
Sumber :
  • Facebook/Archaeologynewsnetwork

Malang, WISATA – Ditemukan dalam peti di dalam sebuah gereja di kota Vác, Hongaria dan dianalisis pada tahun 2015, tulang berusia 200 tahun ini dapat mewakili tonggak sejarah dalam sains. 

Para Arkeolog Merekonstruksi Wajah Mumi ‘Juanita’, Ice Maiden dari Peru

Sebuah gereja tua Dominika dipenuhi dengan peneliti pada tahun 1994 di kota Vác, Hongaria. Saat membuka peti misterius di dalam situs suci tersebut, para ahli terkejut menemukan sisa-sisa 265 individu yang terpelihara dengan baik.

Bukan tulang biasa, tapi mumi yang mengejutkan. Terlebih lagi, mereka terserang penyakit yang, bagi orang mati, dulunya cukup misterius. 

INFO HAJI 2024: 11 Mei 2024 Jemaah Jalani Cek Kesehatan Terakhir Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Apa yang disebut “basil TBC” baru ditemukan oleh peneliti Robert Koch pada tahun 1882. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberkulosis dan terutama menyerang paru-paru, menyebabkan batuk berkepanjangan, radang selaput lendir hidung dan demam. Namun masyarakat abad ke-18 tidak mengetahui penyebabnya. 

Sepertiga dari orang-orang tersebut meninggal karena penyakit tersebut, tanpa mengetahui alasan pastinya. Ternyata 90% mumi terkena TBC, meski pasiennya tidak tahu kapan mereka sakit. 

Mumi Kuno dengan Sepatu Adidas Berusia 1.100 Tahun Seorang Penjelajah Waktu?

Dan, karena sisa-sisa tersebut berada dalam kondisi konservasi yang sangat baik, hal ini memungkinkan para ilmuwan untuk membuat penemuan yang sangat penting bagi sains: akan memungkinkan untuk lebih memahami evolusi penyakit selama berabad-abad. 

Peta yang menunjukkan wilayah penemuan dan gereja yang menampung mumi 

Halaman Selanjutnya
img_title