Timbunan Harta Karun Viking Terbesar yang Pernah Ditemukan di Inggris kini Terungkap ke Dunia

Salin dengan Desain Unik
Sumber :
  • Facebook/archaeologyworldwide.com

Malang, WISATA – Timbunan harta karun Viking terbesar yang pernah ditemukan di Inggris kini telah terungkap ke dunia. Secara total, ada sekitar 100 karya rumit, yang berasal dari sekitar abad ke-9 dan ke-10. Artefak langka ini ditemukan di Dumfries dan Galloway, Skotlandia, oleh Derek Mclennan, seorang ahli detektor logam.

Tak Terduga, Meghan Markle Beri Dukungan pada Kate Middleton di Tengah Krisis Kesehatan

Ketika McLennan, 47, menemukan timbunan tersebut pada bulan September 2014, dia menelepon istrinya untuk menyampaikan berita penemuan tersebut dan sangat emosional hingga dia mengira dia mengalami kecelakaan mobil 

Dia telah dengan susah payah mencari di area tak dikenal di tanah Gereja Skotlandia di Dumfries dan Galloway selama lebih dari setahun. McLennan sudah tidak asing lagi dalam menemukan harta karun. Dia telah menjadi bagian dari kelompok yang menemukan lebih dari 300 koin perak abad pertengahan sesaat sebelum Natal tahun 2013.

Hutan Berusia 7.000 Tahun dan Jejak Kaki Ditemukan di Atlantis-nya Inggris

Pendeta Dokter David Bartholomew, seorang pendeta Gereja Skotlandia di pedesaan Galloway dan Mike Smith, pendeta dari Gereja Pantekosta Elim di Galloway sedang bersama McLennan ketika dia menemukan benda tersebut.

"Kami sedang mencari di tempat lain ketika Derek (McLennan) awalnya mengira dia telah menemukan karya game Viking." Pendeta Dr. Bartholomew mengenang momen itu. "Tidak lama kemudian, dia berlari ke arah kami sambil melambaikan cincin perak di lengannya dan berteriak 'Viking!'"

Menuju Indonesia Emas 2045: Entrepeneur, Jantung Ekonomi, Harus Dinaikkan

Kini, dua tahun setelah penemuannya dan 1.000 tahun setelah penguburannya, artefak tersebut telah terungkap. Bros perak dari Irlandia, sutra dari Turki modern, batangan emas dan perak, peniti berbentuk burung, kristal dan cincin lengan perak hanyalah beberapa dari barang yang ditemukan. Menariknya, bentuk cincin lengan yang lonjong menunjukkan bahwa cincin tersebut benar-benar dipakai sebelum dikuburkan.

Banyak dari barang-barang berharga ini disimpan di dalam periuk perak Viking, yang berasal dari dinasti Carolingian. Pada saat penguburannya, kemungkinan besar sudah berusia 100 tahun dan merupakan pusaka yang berharga. Ini mungkin merupakan periuk terbesar dari dinasti Carolingian yang ditemukan sejauh ini.

Halaman Selanjutnya
img_title