Racun Tikus telah Menghancurkan Rantai Makanan dan Mengancam Predator di Tingkat Tertinggi

Tikus, Hewan yang Biasa Dikendalikan dengan Racun
Sumber :
  • pixabay

Malang, WIsata – Tikus berkembang biak di sekitar manusia, karena alasan yang tepat: Mereka memakan tanaman dan sampah dan mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungan, mulai dari pertanian hingga kota-kota terbesar di dunia. Untuk mengendalikannya, orang sering menggunakan racun. Namun, bahan kimia yang membunuh tikus juga dapat membahayakan hewan lain.

CACAR MONYET: Apa Itu Cacar Monyet, Yuk Kenali dan Cegah Bersama-Sama

Racun yang paling umum digunakan disebut rodentisida antikoagulan. Racun ini bekerja dengan cara mengganggu pembekuan darah pada hewan yang memakannya. Umpan yang beraroma menggoda ini diletakkan di luar gedung, dalam kotak hitam kecil yang hanya bisa dimasuki tikus. Namun, racun tersebut tetap berada di dalam tubuh hewan pengerat, sehingga mengancam hewan yang lebih besar yang memangsa mereka.

Para peneliti mendeteksi rodentisida pada sekitar sepertiga hewan dalam analisis ini, termasuk kucing hutan, rubah dan musang. Mereka secara langsung menghubungkan racun tersebut dengan kematian sepertiga hewan yang mati, biasanya, dengan menemukan bahan kimia tersebut di jaringan hati hewan. 

LUMAJANG: Mulai Selasa, 10 September 2024, Ranu Regulo Kembali Dibuka untuk Umum, Simak Aturannya.

Sebagian besar racun yang dideteksi oleh penelitian ini adalah apa yang disebut rodentisida antikoagulan generasi kedua, yang dikembangkan sejak tahun 1970. Produk ini digunakan secara eksklusif di daerah pemukiman dan perkotaan dan dapat membunuh tikus setelah makan semalam saja. Rodentisida generasi pertama, yang biasanya hanya digunakan di peternakan, memerlukan beberapa dosis untuk membunuh.

Racun ini tersedia secara luas, dan penggunaannya sebagian besar tidak diatur di sebagian besar negara. Penggunaan rodentisida diproyeksikan akan meningkat dan dapat menyebabkan penurunan pada banyak spesies karnivora di seluruh dunia. 

SOLO: Yuk, Cari Tahu Keunikan Kampung Wisata Sintaboma di Tengah Kota, Paduan Sejarah dan Kuliner

Bila hewan liar mengonsumsi racun tikus biasanya dengan memakan tikus yang diracuni, efeknya dapat berupa pendarahan dan luka dalam, kelesuan dan respons imun yang menurun, yang dapat membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit lain. Dalam banyak kasus, hewan tersebut akan mati. Terkadang kematian ini terjadi dalam skala yang cukup besar untuk mengurangi populasi predator lokal. 

Pada sebuah penelitian, disusun daftar 34 spesies yang diketahui terpapar racun tikus. Spesies tersebut meliputi anggota keluarga musang dan anjing, seperti cerpelai, musang barat, dan rubah merah, beserta kucing liar dan karnivora lainnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title