Mengapa Banyak Patung Romawi tanpa Kepala?

Patung Romawi tanpa Kepala
Sumber :
  • Instagram/grecoromansky

Malang, WISATA – Ada banyak alasan mengapa patung kuno bisa kehilangan kepalanya secara tidak sengaja dan beberapa alasan mengapa kepalanya dipenggal dengan sengaja.

Kano 300 Tahun yang Ditemukan di Polandia Dekat Benteng Modlin, Ditengggelamkan dan Ditutupi Batu

Ketika sebuah museum memamerkan sebuah karya seni, mereka biasanya mencoba memamerkan keseluruhannya. Jarang sekali melihat lukisan dengan setengah kanvasnya hilang, atau permadani dengan satu sisi yang terurai. Namun, jika menyangkut patung-patung Romawi kuno, sedikit rusak hampir menjadi hal yang biasa. Berjalanlah di sekitar museum seni klasik mana pun dan Anda mungkin akan melihat hidung yang hancur, jari-jari yang terbelah, dan banyak sekali kepala yang terpenggal

Jadi mengapa begitu banyak patung Romawi yang tidak berkepala? Menjawab pertanyaan itu memerlukan beberapa pekerjaan ‘CSI arkeologis’, kata Rachel Kousser , seorang profesor sejarah klasik dan seni di Brooklyn College dan City University of New York. 

Sisa Tumbuhan Organik Ditemukan di Gelang Zaman Perunggu

"Anda mencoba melihat konteks patung tersebut, Anda mencoba melihat patahannya sendiri," jelasnya. "Anda memikirkan pola yang telah Anda lihat pada patung-patung lain." Meskipun sering kali tidak mungkin untuk mengetahui secara pasti bagaimana sebuah patung kehilangan kepalanya, petunjuk semacam ini telah mengarahkan para arkeolog ke beberapa penyebab umum. 

Kousser mengatakan alasan pertama dan paling umum mengapa begitu banyak patung dipenggal adalah karena leher merupakan titik lemah alami pada tubuh manusia. Ketika sebuah patung jatuh setelah bertahun-tahun dipajang, diangkut keliling dunia atau dipindahkan dari satu pemilik ke pemilik lain, leher biasanya menjadi tempat pertama yang patah. 

Ukiran Wajah Manusia Zaman Perunggu yang Misterius Ditemukan di Kazakhstan

Namun, kepala yang pecah tidak selalu merupakan kecelakaan, terkadang orang Romawi sengaja menghancurkan patung mereka sendiri. Dalam proses yang disebut damnatio memoriae," Senat Romawi dapat memberikan suara untuk mengutuk kenangan akan kaisar yang sangat tidak disukai setelah kematiannya. Jika suara tersebut disetujui, Senat akan menghapus nama kaisar dari catatan, menyita hartanya dan merusak potret dan patungnya. Menurut Kousser, kaisar Nero yang terkenal adalah salah satu contohnya dan banyak potretnya yang rusak atau dibuat ulang.

Terlebih lagi, pemahat Romawi terkadang sengaja mendesain patung mereka dengan kepala yang dapat dilepas yang muncul di bagian leher. Menurut Kenneth Lapatin, kurator barang antik di Museum J. Paul Getty di Los Angeles, desain ini memungkinkan mereka menggunakan bahan yang berbeda untuk tubuh dan wajah, meminta pemahat yang berbeda mengerjakan patung yang sama, atau bahkan mengganti kepala sama sekali di kemudian hari. 

Halaman Selanjutnya
img_title