7 Manfaat Asam Jawa untuk Menjalani Hidup Sehat dan Berkelanjutan

Buah Asam Jawa
Sumber :
  • Instagram/tanamanbuahnusantara

Malang, WISATA – Asam jawa adalah buah populer yang digunakan dalam berbagai masakan secara global. Buah ini terkenal dengan rasa manis dan asam yang menambah sedikit rasa tajam pada hidangan favorit Anda. Menggigit buah asam jawa bagaikan kebahagiaan bagi pecinta rasa manis asam.

10 Manfaat Luar Biasa Selada untuk Kesehatan, Kulit dan Rambut

Buah asam jawa dimakan mentah maupun dalam bentuk matang. Anda mungkin melihat orang memakannya segar dari pohonnya atau membuat sirup, permen, atau bahkan jus dalam bentuk olahan.

Cara paling sederhana untuk memakan asam jawa dengan dimakan mentah, langsung dari buahnya. Anda bisa menambahkan sedikit garam dan gula ke dalam daging buahnya dan langsung memakannya. Cara lainnya adalah mengekstraksi ampasnya dengan merendamnya dalam air. Anda bisa merendam beberapa potong asam jawa dalam air dan biarkan selama beberapa menit. Ini melembutkan buah untuk membantu Anda memeras daging buahnya dengan jari Anda. Saring jusnya dan Anda bisa membuang ampasnya. Ini bisa langsung digunakan saat memasak.

9 Manfaat Luar Biasa Kismis untuk Meningkatkan Kesehatan Anda

Penelitian modern kini sedang menyelidiki nilai pengobatan yang diberikan tanaman ini. Berikut ini 7 manfaat asam jawa yang perlu Anda pertimbangkan:

1. Membantu Mencerahkan dan Mengelupas Kulit

Seneca: Kebajikan sebagai Kekayaan Sejati

Daging buah asam jawa telah menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit sejak ribuan tahun. Digunakan sebagai scrub dan mengandung asam alfa-hidroksi (AHA); ini memberi Anda kulit lebih halus dan cerah. AHA dalam asam jawa antara lain asam sitrat, asam malat, asam laktat, dan asam tartarat. Anda bisa menggunakan air asam jawa untuk mengelupas kulit dan mendapatkan kulit bercahaya bebas noda. Bersamaan dengan AHA ini, ia mengandung gula terbalik dan pektin yang menghidrasi dan meremajakan kulit Anda (5). Antioksidan dan Vitamin C juga dikenal dapat mencegah penuaan dini

2. Membantu Mengatur Berat Badan

Halaman Selanjutnya
img_title