INFO KESEHATAN: 5 Jus Sayuran Ampuh Turunkan Si Kolesterol, Murah Meriah di Sekitar Kita

Jus Sayur Efektif Turunkan Kolesterol
Sumber :
  • pmjnews.com/kolase

Jakarta, WISATA Jus sayur kaya dengan kandungan serat, vitamin, dan antioksidan, yang mampu mengurangi penumpukan lemak dalam darah, sekaligus meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Sebaliknya, pola makan yang rendah serat dan tinggi lemak jenuh serta lemak trans, dapat menyebabkan kolesterol tinggi atau hiperlipidemia.

Kolesterol dalam jumlah kecil mendukung berbagai fungsi tubuh, namun jika menumpuk, maka kandungan kolesterol dapat berakibat fatal pada kesehatan manusia.

Dan ini, 5 jus sayur yang ampuh menurunkan kolesterol:

1. Jus Tomat
Segelas jus tomat di pagi hari dapat menghidrasi dan memberi Anda awal yang bertenaga.
Tomat penuh dengan kebaikan antioksidan, vitamin, kalium, dan serat. Serat dalam tomat sangat ideal untuk menghilangkan kolesterol jahat.

10 Manfaat Luar Biasa Selada untuk Kesehatan, Kulit dan Rambut

Tomat kaya akan senyawa yang disebut likopen, yang dapat meningkatkan kadar lipid dan menurunkan kolesterol jahat. Saat tomat dibuat jus, kandungan likopennya meningkat, yang menjadikan minuman ini wajib dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol.

2. Jus Bit
Bit merupakan gudang berbagai nutrisi seperti serat, folat, mangan, kalium, zat besi, dan vitamin C.
Kandungan nitratnya yang tinggi dapat berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat.

3. Jus Wortel
Jus wortel dikenal luas karena khasiatnya yang menyehatkan. Mengonsumsi jus ini setiap hari, apat sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol.

Kaya akan karotenoid seperti beta-karoten, minum jus wortel secara teratur dapat mengubah penyerapan kolesterol dan mengurangi kadar kolesterol, menunjukkan penelitian yang dilakukan pada tikus. Wortel juga kaya akan serat, vitamin K1, kalium, dan antioksidan.

4. Jus Bayam
Minum jus bayam secara teratur dapat membantu tubuh membuang kolesterol jahat. Bayam juga kaya akan nitrat alami, yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Wisata Hits dan Instagrammable 2024: Temukan Spot Terbaik untuk Foto Keren!

Sayuran ini juga kaya akan serat, zat besi, vitamin A, antioksidan seperti zeaxanthin dan lutein. Bayam juga kaya akan nutrisi yang dapat membantu mengurangi tekanan darah yaitu kalium, magnesium, dan folat.

5. Jus Pare
Jus pare sangat efektif dalam mengelola kadar kolesterol tinggi. Jus ini diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, menurut penelitian pada hewan.

Jus pare mengandung serat, antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan vitamin E serta kalsium dan zat besi dalam jumlah besar.

(Sumber: pmjnews.com)

Penting! Pemerintah Melakukan Hal Berikut Ini agar Kelas Menengah Tidak Semakin Terpuruk