Ukiran Wajah Manusia Zaman Perunggu yang Misterius Ditemukan di Kazakhstan

Ukiran Wajah
Sumber :
  • archaeologymag.com/Margulan Institute of Archaeology

Malang, WISATA – Sebuah ukiran batu yang menggambarkan wajah manusia ditemukan oleh karyawan Departemen Situasi Darurat Regional selama inspeksi rutin sebagai bagian dari kampanye preventif Orman di distrik Sandyktau di Kazakhstan.

Pemukiman Neolitikum Berusia 7.000 Tahun yang Masih Terpelihara Baik Ditemukan di Republik Ceko

Artefak yang diukir pada permukaan batu granit ini berukuran 27 kali 21 cm dan berorientasi barat-barat daya. Di samping ukiran tersebut, gambar rusa yang kurang terpelihara dan langit-langit batu di dekatnya menunjukkan adanya kompleks ritual

Sergey Yarygin, ilmuwan terkemuka di Institut Arkeologi Alkey Margulan, menjelaskan bahwa ukiran tersebut kemungkinan besar berasal dari Zaman Perunggu. “Wajahnya terlihat jelas, matanya besar, hidungnya mancung, dan bibirnya menonjol,” jelas Yarygin. Dia mencatat bahwa ukiran serupa telah ditemukan di situs Zaman Perunggu di Asia Tengah dan Eropa Timur. 

Kano 300 Tahun yang Ditemukan di Polandia Dekat Benteng Modlin, Ditengggelamkan dan Ditutupi Batu

Namun, periode pasti dari artefak tersebut masih belum pasti, karena gambar serupa juga telah ditemukan pada awal Zaman Besi di Siberia selatan dan budaya Turki abad pertengahan. Berbagai kemungkinan ini membuat penanggalan pasti dari ukiran tersebut terbuka untuk penelitian dan perdebatan lebih lanjut. 

Ukiran batu tersebut ditemukan oleh Nursultan Ashkenov dan Akhmet Zaripov, pegawai dinas pemadam kebakaran distrik Sandyktau. Departemen Situasi Darurat telah mengambil artefak tersebut di bawah perlindungannya. 

Sisa Tumbuhan Organik Ditemukan di Gelang Zaman Perunggu

Aset Zhangozhin, kepala Departemen Situasi Darurat di distrik Sandyktau, mengatakan: “Merupakan suatu kepuasan besar untuk mendapatkan penemuan penting sambil menjalankan tanggung jawab utama kami. Lebih jauh lagi, saya percaya bahwa pencapaian ini akan memberikan dampak positif tidak hanya bagi kabupaten kami tetapi juga bagi seluruh negeri.” 

Lanskap arkeologi Kazakhstan yang kaya telah menghasilkan banyak penemuan penting dalam beberapa tahun terakhir. Selain penemuan Wilayah Akmola, Wilayah Pavlodar telah menyaksikan pekerjaan arkeologi penting di kompleks Koktas. 

Halaman Selanjutnya
img_title