Profil Victor Peng, Presiden AMD yang Akan Pensiun, Seorang Raksasa Teknologi Dunia

Viktor Peng
Sumber :
  • AMD

San Jose, WISATA — Dalam berita mengejutkan, AMD (NASDAQ: AMD) mengumumkan bahwa Presiden mereka, Victor Peng, akan pensiun efektif mulai 30 Agustus 2024. Victor akan tetap berada di tim eksekutif AMD sebagai penasihat untuk mendukung transisi hingga tanggal pensiunnya.

Robot Bedah Generasi Baru: Membawa Telesurgery ke Tingkat yang Lebih Tinggi dengan Teknologi AI

Victor Peng, seorang tokoh terkemuka di dunia teknologi, telah mengukir jejak yang signifikan selama karirnya yang lebih dari 40 tahun. Dengan pengalaman luas dalam mendefinisikan dan membawa ke pasar produk-produk seperti FPGA, SoC, GPU, dan CPU berkinerja tinggi, kontribusinya terhadap industri semikonduktor tidak dapat diabaikan.

Victor bergabung kembali dengan AMD pada tahun 2022 setelah akuisisi Xilinx, di mana dia menghabiskan 14 tahun terakhir sebagai presiden, CEO, dan anggota dewan direksi. “Victor memainkan peran penting dalam mengintegrasikan serta meningkatkan skala bisnis tertanam kami, serta memimpin strategi AI lintas perusahaan,” ujar Ketua dan CEO AMD, Dr. Lisa Su. “Di bawah kepemimpinannya, AMD menjadi penyedia FPGA dan solusi komputasi adaptif nomor satu di industri. Atas nama Dewan AMD, tim kepemimpinan eksekutif, dan ribuan karyawan yang telah bekerja dengannya, saya ingin berterima kasih kepada Victor atas kepemimpinannya yang luar biasa dan berharap yang terbaik di masa pensiunnya.”

Kolaborasi Publik-Privat dalam Pengembangan Ekosistem AI Indonesia

Jejak Karir Victor Peng

Victor Peng memulai karirnya di AMD sebagai Corporate Vice President dari grup produk grafis (GPG) di mana dia memainkan peran kunci dalam tim teknik silikon pusat AMD yang mendukung grafis, produk game konsol, CPU chipset, dan unit bisnis konsumen. Sebelum itu, dia memegang berbagai peran kepemimpinan eksekutif dan teknik di TZero Technologies, MIPS Technologies, SGI, dan Digital Equipment Corp.

Pemerintah Gandeng AI untuk Tingkatkan Layanan Publik

Sebagai Presiden dan CEO Xilinx sejak Januari 2018, Peng menggulirkan rencana transformasi untuk mengatasi pasar baru dengan teknologi baru, didukung oleh Platform Akselerasi Komputasi Adaptif (ACAP). Dalam peran sebelumnya sebagai Chief Operating Officer, dia mengelola penjualan global, pemasaran produk & vertikal, pengembangan produk, serta operasi & kualitas global. Dia juga memimpin definisi, pengembangan, dan pemasaran produk dari portofolio produk perusahaan yang menghasilkan tiga generasi produk inti berturut-turut dan terobosan signifikan dalam integrasi dan pemrograman industri.

Peng memegang empat paten AS dan menjabat di Dewan Direksi Asosiasi Industri Semikonduktor dan KLA, pengembang peralatan dan layanan terkemuka untuk industri elektronik. Dia meraih gelar Sarjana Teknik Elektro dari Rensselaer Polytechnic Institute dan gelar Master of Engineering dalam Teknik Elektro dari Cornell University.

Halaman Selanjutnya
img_title