Yuk Kenalan dengan 3 Srikandi Ahli Pustaka Indonesia di Hari Pustakawan Nasional 7 Juli 2024

Perpustakaan
Sumber :
  • IG/lauragraziano.writer

Jakarta, WISATA – Hari Pustakawan Nasional yang jatuh setiap 7 Juli menjadi peringatan penting mengenang jasa para pustakawan Nasional. Para pustakawan tersebut berkontribusi lebih untuk Indonesia dengan menjadi penyedia layananan kepustakaan. 

5 Peringatan dan Perayaan Internasional yang Jatuh Pada Tanggal 7 Juli

Di Indonesia, rata rata masyarakat yang berprofesi sebagai pustakawan datang dari kalangan pria. Namun, tidak menutup kemungkinan juga ada kalanya wanita menjalani profesi sebagai pelayan perpustakaan

Berikut adalah tiga Srikandi Indonesia yang berperan dalam pertumbuhan minat baca di Indonesia, 

LUMAJANG: Mengenal Aplikasi Srikandi, Aplikasi Inovatif untuk Meningkatkan Pelayanan Publik

1. Lily K.Somadikarta, Ketua Jurusan pertama, Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Sastra Universitas Indonesia (JIP-FSUI). Bagi Anda yang menjalani keprofesian sebagai Pustakawan di salah satu perpustakaan, tentunya tidak asing lagi dengan Lily K.Somadikarta. Dia merupakan tokoh pustakawan perempuan yang menjabat sebagai Ketua Jurusan Ilmu Perpustakaan (JIP-FSUI). 

Pada tahun 1960an, Lily sudah menjalani profesi mulianya sebagai pustakawan di salah satu Perpustakaan Negara Semarang. Kemudian, melanjutkan profesinya itu sebagai Kepala Perpustakaan Fakultas Pertanian, Universitas Indonesia, Bogor. 

5 Cara Memupuk Hobi Membaca Buku Pada Anak

2. Luwarsih Pringgoadisurjo, Direktur Kedua Pusat Dokumentasi dan Informasi Nasional LIPI (PDIN-LIPI), Luwarsih Pringgoadisurjo merupakan Srikandi Indonesia yang bergerak di bidang Kepustakaan Nasional. Selain menjadi Pustakawan Nasional, dia juga mendirikan Himpunan Pustakawan Chusus Indonesia (HPCI) di tahun 1969.

Dalam himpunannya yang didirikan pada tahun tersebut, sekitar lima bulan setelahnya dia menjabat sebagai wakil ketua umumnya. Luwarsi Pringgoadisurjo merupakan adik kandung pelopor industri penerbangan Indonesia yang meninggal pada tahun 1965. 

Halaman Selanjutnya
img_title