Indonesia Termasuk dalam 10 Negara dengan Mata Uang Terendah di Dunia, Apa Penyebabnya?

uang dolar
Sumber :
  • pixabay

WISATA – Mata uang adalah alat tukar yang digunakan oleh suatu negara untuk melakukan transaksi ekonomi. Nilai mata uang dapat berubah-ubah tergantung pada berbagai faktor, seperti inflasi, kebijakan moneter, stabilitas politik, dan permintaan pasar. Beberapa mata uang memiliki nilai yang sangat rendah dibandingkan dengan mata uang lain, sehingga disebut sebagai mata uang terlemah atau terendah di dunia.

Duh, Syahrul Yasin Limpo Disebut Memeras Ditjen Perkebunan Rp317 Juta untuk Biaya Pribadi

Selama ini secara umum telah diketahui bahwa beberapa mata uang tertinggi di dunia seperti Dollar AS, British Pound Sterling, Swiss Franc (Swissie) dan Euro, adalah mata uang yang paling stabil karena diterbitkan oleh negara-negara maju di Eropa. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 10 mata uang terlemah di dunia berdasarkan nilai tukar terhadap dolar Amerika Serikat (USD) per 3 Juli 2023, kemarin.

Memanas! Ganjar Balas Sindiran Prabowo, Nyinyir Soal Disuruh Jangan Ganggu: Saya Ingetin Loh Ya

uang koin

Photo :
  • pixabay

1. Rial Iran (IRR): 1 USD = 42.300 IRR, melemahnya mata uang Iran, adalah disebabkan karena negara ini mengalami krisis ekonomi akibat sanksi internasional di tahun sebelumnya, korupsi, dan ketidakstabilan politik.

Ngeri, Kemenkeu Mendapati Penyelewengan Dana Desa Masih Marak: Digunakan untuk Karaoke

2. Dong Vietnam (VND): 1 USD = 23.485 VND, Vietnam memiliki mata uang yang tidak dapat dikonversi secara bebas, pembatasan investasi asing, sehingga nilai tukarnya ditentukan oleh pemerintah

Halaman Selanjutnya
img_title