Catatan Akhir Tahun: Yoyok Pitoyo, Butuh Reformasi Tata Kelola UMKM Indonesia agar Bisa Bersaing

Yoyok Pitoyo (Kaos Hitam) Beserta Pengurus KOPITU
Sumber :
  • Handoko

Jakarta, WISATA- UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, dengan kontribusi terhadap PDB mencapai 60,5%, penyerapan tenaga kerja 97%, dan ekspor 16,3%.

Omset Penjualan Produk UMKM Meningkat di World Water Forum ke-10 Bali

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, kontribusi UMKM terhadap PDB pada tahun 2023 mencapai Rp1.518,2 triliun, meningkat 10,6% dari tahun sebelumnya. Penyerapan tenaga kerja oleh UMKM juga meningkat menjadi 120,8 juta orang, meningkat 0,8% dari tahun sebelumnya. Sementara itu, ekspor UMKM mencapai Rp290,5 triliun, meningkat 32,9% dari tahun sebelumnya.

Sayangnya, meski angka pertumbuhan UMKM di Indonesia berada di atas rata-rata pertumbuhan UMKM di negara-negara lain di ASEAN sebesar 9,0%, tetapi masih dibawah negara  Vietnam 12,5%, Thailand 11,1% dan  Malaysia 10,7%.

Gebyar 2 Tahun Batu Bisnis Festival 28 Mei – 1 Juni 2024 Hadirkan Ragam Produk UMKM dan Pariwisata

Ketua Umum KOPITU Yoyok Pitoyo, tokoh UMKM Indonesia yang sering melakukan lawatan ke luar negeri memberi catatan pengalamannya mengapa UMKM di beberap negara bisa berkembang.  Korea Selatan: Inovasi dan Teknologi,  UMKM di Korea Selatan cenderung unggul dalam inovasi dan teknologi; Dukungan Pemerintah, Pemerintah Korea Selatan menyediakan berbagai insentif dan program dukungan bagi UMKM; Daya Saing Global,  UMKM Korea Selatan memiliki fokus yang kuat pada ekspansi pasar internasional.

China: Skala Besar, UMKM China memiliki skala yang besar, beberapa di antaranya telah tumbuh menjadi perusahaan besar secara global. Tren Digitalisasi,  Banyak UMKM China yang mengadopsi teknologi dan platform digital untuk meningkatkan penjualan dan operasi. Jepang: Warisan dan Keterampilan, UMKM Jepang sering kali berfokus pada produksi dengan kualitas tinggi dan mewarisi keterampilan tradisional. Tantangan Generasional,  Beberapa UMKM Jepang menghadapi tantangan dalam menarik generasi muda untuk meneruskan bisnis keluarga. Vietnam: Pertumbuhan Cepat, UMKM Vietnam telah mengalami pertumbuhan yang pesat, didukung oleh stabilitas ekonomi yang relatif. Ekspansi Internasional, Beberapa UMKM Vietnam mulai memperluas pasar ke luar negeri

Pesan Tokoh UMKM Indonesia Yoyok KOPITU: Terkait Starlink Proyek Ambisius Elon Musk

Thailand: Kemitraan dengan Pemerintah, UMKM Thailand mendapat dukungan kuat dari pemerintah dalam bentuk pelatihan, pembiayaan, dan akses pasar. Inovasi Produk, Banyak UMKM Thailand yang fokus pada inovasi produk untuk menarik pasar lokal dan global. Malaysia: Diversifikasi, UMKM Malaysia beragam, mulai dari sektor agrikultur hingga teknologi. Penguatan Keunggulan, Fokus pada penguatan keunggulan kompetitif dalam sektor tertentu. Dan  Singapura: Kualitas dan Kreativitas,UMKM Singapura menonjol dalam kualitas dan kreativitas produknya. Akses ke Sumber Daya, Kemudahan akses ke sumber daya seperti teknologi dan keuangan mendukung pertumbuhan UMKM.

Kelemahan dan Tantangan

Halaman Selanjutnya
img_title