INFO HAJI 2024: Kloter Terakhir Jemaah Haji Jakarta, Tiba di Tanah Air, Minggu, 21 Juli 2024

Jemaah Haji Kloter 63 Embarkasi Jakarta, Tiba di Tanah Air
Sumber :
  • beritajakarta.id

Jakarta, WISATA – Sebanyak 393 jemaah haji yang tergabung dalam Kloter 63 Embarkasi Jakarta, tiba di tanah air.

Kloter 63 ini menjadi kloter terakhir rombongan haji asal Jakarta.

Ketua Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) RI DKI Jakarta, Cecep Khairul Anwar mengatakan, secara keseluruhan, pemulangan jemaah haji asal Jakarta Pondok Gede sudah terealisasi mencapai 99 persen.

"Pemulangan jemaah haji Jakarta, Banten dan Lampung tahun 2024 dari total 65 kloter yang direncanakan mencapai 25.970 orang. Hingga hari ini, telah terealisasi 64 kloter dengan jumlah 25.772 jemaah atau mencapai 99 persen dari target," ujarnya, Minggu (21/7/2024).

Cecep yang juga menjabat Ketua PPIH Embarkasi/Debarkasi Jakarta Pondok Gede menjelaskan, jemaah haji asal Jakarta yang sudah pulang berjumlah 8.212 orang dan tergabung dalam 21 kloter.

"Ada 11 jemaah meninggal dunia dan tiga lainnya juga belum bisa dipulangkan, karena masih menjalani penanganan medis di rumah sakit di Arab Saudi," terangnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh pihak yang terlibat dan bekerja keras dalam proses pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

"Kami juga mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya 45 jemaah di Arab Saudi dan berharap para keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," ungkapnya.

Cecep menegaskan, Kanwil Kemenag DKI Jakarta terus berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan haji setiap tahunnya.

"Tentu evaluasi akan kita lakukan untuk kebaikan di masa mendatang," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag RI, Hilman Latief menyatakan, total keseluruhan jemaah haji asal Indonesia yang sudah kembali ke tanah air berjumlah 208.490 orang, yang terbagi dalam 539 kloter.

"Saat ini ada 4.221 jamaah haji dari 14 kloter yang masih menunggu proses kepulangan," ucapnya.

Seorang jemaah haji asal Kebayoran Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Sasdi Junaedi mengaku sangat bahagia dan terharu bisa melaksanakan ibadah haji tahun ini.

"Alhamdulillah, saya tidak menemui kendala dalam rangkaian ibadah haji. Makanan melimpah, transportasi, hotel hingga tenda juga saya dapatkan dengan baik," tandasnya.

(Sumber: beritajakarta.id)

INFO HAJI 2024: Keterlaluan....Jemaah Haji BPN-09 Delay 28 Jam, Kemenag: Garuda Tidak Profesional