WISATA KULINER: Sarapan Pagi di Nasi Ayam Legendaris ‘Bu Nyoto’ Semarang

Nasi Ayam 'Bu Nyoto' Semarang
Sumber :
  • Instagram/e_ndro

Malang, WISATA – Mengunjungi kota Semarang, yang terngiang-ngiang di telinga adalah wisata kulinernya. Begitu banyak daftar makanan yang ingin dinikmati, salah satunya adalah nasi ayam khas Semarang. 

RESEP: Lezatnya Sandwich Ayam Buatan Sendiri untuk Sarapan Pagi yang Berkualitas

Nasi ayam paling enak dinikmati saat sarapan pagi. Ada nasi ayam yang sangat terkenal dan sudah legend, yaitu nasi ayam ‘Bu Nyoto’. Konon katanya, nasi ayam ini sudah ada sejak tahun 1975. Bisa jadi ini merupakan pelopor nasi ayam Semarang, oleh karena itu sangat layak dicoba. 

Menyusuri pagi yang sudah mulai panas, tujuan utama tentu saja ke Jl. MT. Haryono, Peterongan Semarang. Di sanalah nasi ayam ‘Bu Nyoto’ yang legendaris itu berada. Tempatnya sederhana, penjualnya duduk menghadap meja pendek penuh dengan aneka hidangan, nasi dan lauk ayam. 

RESEP: 3 Rekomendasi Kreasi Menu Sarapan Pagi, supaya Tidak Bosan dan Hidup Lebih Bervariasi

Seporsi nasi ayam terdiri dari nasi, suwiran daging ayam, tahu, telur pindang separuh, sayur lodeh labu siam, kemudian disiram kuah santan encer dan kental. Kalau menginginkan tambahan lauk, tersedia sate-satean, seperti  sate usus, sate ati ampela, sate telur puyuh dan sate jantung. 

Uniknya nasi ayam ini, dalam memotong telurnya digunakan benang, bukan pisau, kemudian bila Anda menambah sate, sate tersebut dicelup dalam santan kental terlebih dahulu. Penyajiannya bukan di atas piring lho ya, melainkan memakai pincuk. Jadi menambah sedapnya nasi ayam ‘Bu Nyoto’ ini. 

RESEP: Membuat Sendiri Hummus untuk Sarapan Pagi dengan Roti, Alternatif Sarapan yang Mengenyangkan

Harganya tidak terlalu mahal, untuk seporsi nasi ayam hanya Rp18.000, ditambah sate satu tusuk Rp 23.000. Boleh juga membeli setengah porsi. Rasanya cukup sedap, cenderung sedikit manis. Untuk makan di tempat, kuah santannya bisa nambah sendiri, begitu juga sate-sateannya boleh ambil sendiri. 

Para pembeli disediakan bangku plastik tanpa meja, jadi untuk menikmati seporsi nasi ayam, tinggal dipegang saja pincuknya. 

Halaman Selanjutnya
img_title