Masjid Nurut Taubah, Salah Satu Destinasi Wisata Religi di Polewali Mandar, Sulawesi Barat

Ornamen Masjid Nurut Taubah yang indah
Sumber :
  • Wisata Viva/Indah Novita Dewi

Polewali Mandar, WISATA – Sebuah masjid dengan menara menjulang tinggi nan kokoh berdiri di Kabupaten Polewali Mandar, tepatnya di Kecamatan Campalagian, Desa Lapeo. Lokasi tepatnya adalah di Jalan Trans Sulawesi, bernama Masjid Nurut Taubah. Masjid ini merupakan masjid tertua di Polewali Mandar.

WISATA KULINER: Cilacap Café and Resto, Tempat Makan Mie Kuah dan Nasi Goreng Enak di Sulawesi Barat

Pintu Masjid Nurut Taubah

Photo :
  • Wisata Viva/Indah Novita Dewi

Masjid Nurut Taubah atau yang artinya cahaya taubat ini didirikan oleh Kyai Haji Muhammad Thahir, yang lebih dikenal dengan nama Imam Lapeo pada tahun 1902. Awalnya masjid ini berupa tempat sembahyang kecil atau langgar, yang kemudian dibangun secara bertahap hingga 1916. Nama Nurut Taubah sendiri diberikan karena dulu orang Polewali Mandar masih menganut kepercayaan animisme. Selain tidak mengenal agama, mereka gemar bermaksiat seperti berjudi, mabuk-mabukan, dan sabung ayam. 

Juara Lomba Saeyyang Pattudu di Majene Ini Tidak Menerima Hadiahnya, Ternyata Begini Ceritanya

Kedatangan Imam Lapeo mengubah kebiasaan masyarakat menjadi mengenal Islam. Lambat laun, Masjid Nurut Taubah menjadi pusat dakwah Islam di Polewali Mandar

Jika dilihat struktur bangunan masjid, Masjid Nurut Taubah memiliki menara tinggi yang merupakan pengaruh arsitektur masjid di Istanbul, karena Imam Lapeo pernah belajar Islam di sana. Sebelum membangun masjid Nurut Taubah, Imam Lapeo telah mempelajari Islam baik di Indonesia maupun luar negeri antara lain di Pare-Pare, Madura, Jawa, Sumatera, Istanbul (Turki) dan Mekkah.

WISATA KULINER: Bakso Lembo Tempat Makan Rekomended di Majene, Kenyal-Kenyal Hangat.

Ornamen bertuliskan ajaran Agama Islam

Photo :
  • Wisata Viva/Indah Novita Dewi

Selain menara tinggi yang membuat masjid ini terlihat agung, mengunjungi masjid ini akan memberikan perasaan tenang dalam hati. Ruangan untuk salat tidak terlalu luas namun adem dan lantainya dingin. Ornamen-ornamen pada dinding dan langit-langitnya sangat indah. 

Halaman Selanjutnya
img_title