Indonesia Holistik Wellness: Menemukan Etnaprana melalui Keanekaragaman Alam

Eksotisme Gunung Ijen
Sumber :
  • Global Wellness Institute

Malang, WISATA - Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan hutan terluas ketiga dan penduduk terbanyak keempat, Indonesia memancarkan keanekaragaman geologi, biologi, dan budaya. Keanekaragaman ini bukan hanya kekayaan bangsa, tetapi juga memiliki makna yang mendalam secara internasional, diakui sebagai bagian tak terpisahkan dari warisan dunia. Indonesia, dengan segala daya tariknya, menjadi destinasi menarik bagi mereka yang ingin menjelajahi dan merasakan keberagaman. Dalam meresapi keanekaragaman alam (geodiversitas), kehidupan biologis (biodiversitas), dan kekayaan budaya (keanekaragaman budaya), kita dapat meningkatkan getaran positif pada kesehatan fisik, emosional, dan mental, serta membawa dampak positif pada aspek sosial, lingkungan, dan spiritual yang terkait dengan kesejahteraan.

Inilah 7 Tren Pariwisata Masa Depan, Anda Pilih yang Mana?

Eksplorasi Geologi Indonesia

Indonesia terbentuk dari pergerakan Lempeng Pasifik di sisi barat, Lempeng Samudra Hindia di sisi selatan, dan Lempeng Asia di sisi utara. Proses dinamis ini menciptakan gugusan kepulauan yang terdiri dari 17.508 pulau, membentuk lanskap geologi yang kaya dan beragam mulai dari puncak gunung, danau, sungai dataran rendah, pantai hingga dasar laut. Merupakan bagian dari Cincin Api Pasifik, Indonesia memiliki rangkaian gunung berapi, dengan 400 lebih yang ada, dan 130 di antaranya masih tercatat aktif. Jumlah danau alami mencapai 1.022 tersebar di berbagai pulau, sementara sungai dan anak sungai mencapai lebih dari 5.590 dan 65.017, membentuk pemandangan yang luar biasa.

Etnaprana: Kaya Manfaat Pare, Tanaman Ajaib dalam Budaya Wellness Indonesia

Selain memiliki 15 taman nasional dengan status nasional, Indonesia juga memiliki 6 geopark yang diakui sebagai UNESCO-Global Geopark, menjadi bukti akan keberagaman geologi yang luar biasa. Oseanografi Indonesia dengan luas mencapai 3.273.810 km2 atau 62% dari total wilayah Indonesia, menjadi penutup dari panorama alam yang memukau.

Petualangan dan Kesehatan

Spa Tradisional Indonesia sebagai Warisan Wellness Nusantara

Keanekaragaman lanskap Indonesia tidak hanya menantang bagi pencinta petualangan tetapi juga menawarkan pengalaman liburan yang unik dan menyenangkan. Mulai dari mendaki gunung, bersepeda, berlayar, berselancar, hingga menyelam, setiap kegiatan ini menjadi pilihan bagi mereka yang ingin mendapatkan dampak positif untuk kesehatan fisik mereka. Lebih dari sekadar kebugaran fisik, mendekatkan diri pada alam juga memberikan kontribusi positif bagi aspek emosional dan mental. Kesadaran terhadap lingkungan dan keterlibatan dengan masyarakat lokal juga meningkat, membawa dampak positif bagi kesehatan spiritual.

Berada sendiri di puncak gunung, merenung di tepi laut, atau menghilangkan emosi negatif dengan menaklukkan ombak tinggi atau mengarungi sungai berarus deras, semua merupakan bentuk terapi wellness alamiah. Aktivitas ini tidak hanya dapat dinikmati di tempat-tempat yang kaya akan keanekaragaman alam tetapi juga dapat diintegrasikan dalam berbagai bentuk pariwisata, mulai dari pariwisata alam, petualangan, laut, hingga ekowisata.

Halaman Selanjutnya
img_title