GORONTALO, Gelar Seminar Akhir Penyusunan Dokumen Rencana Pengembangan Geopark, Hari Senin Ini

Seminar Akhir Penyusunan Dokumen Pengembangan Geopark Gorontalo
Sumber :
  • infopublik.id

Gorontalo, WISATA Pemerintah Provinsi Gorontalo, hari Senin (27/11/2023) ini, akan melaksanakan seminar akhir penyusunan dokumen rencana induk pengembangan geopark.

Dalam seminar ini, diharapkan seluruh pihak yang terkait memberikan masukan agar dokumen yang disusun lebih berkualitas, implementatif, sinkron dengan rencana pembangunan, dan melalui proses kolaboratif sekaligus membahas rencana pengelolaan Geopark Gorontalo ke depan.

“Sebagai upaya pengembangan Geopark Gorontalo, diperlukan rencana induk yang akan memberikan panduan bagi semua pemangku kepentingan dalam berkolaborasi melaksanakan aksi-aksi, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelestarian alam dan budaya serta pembangunan daerah,” kata Budiyanto Sidiki selaku Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo.

Budiyanto menambahkan, dokumen rencana induk juga merupakan salah satu prasyarat penetapan Gorontalo sebagai Geopark Nasional.

“Berkenaan dengan hal tersebut, kami mengundang para pemangku kepentingan pada seminar akhir penyusunan dokumen rencana induk pengembangan geopark dan memberikan masukan,” imbuh Budiyanto.

Dalam pertemuan hari ini, para pemangku kepentingan yang dilibatkan sebanyak  28 unsur dari Pemerintah Provinsi Gorontalo, 6 instansi dari kementerian dan lembaga, 13 instansi dari pemerintah kabupaten/kota, 12 unsur perguruan tinggi, 4 orang dari tim komisi litbang, dan 18 orang fungsional perencana, peneliti dan unsur lainnya.

(Sumber: infopublik.id)

DIENG: Selangkah Lagi, Dieng Menjadi Kawasan Geopark Nasional