Inilah Negara-negara di Asia yang Populer dengan Wellness Tourism, Salah Satu-nya adalah Indonesia

Ilustrasi wellness tourism
Sumber :
  • IG/tampaksiring

WISATA – Wellness tourism atau yang dikenal juga sebagai wisata kebugaran, memberikan banyak manfaat. Diantaranya adalah meningkatkan kesehatan fisik dan mental, meningkatkan kualitas hidup, lebih sadar akan kesehatan dan juga mendukung ekonomi lokal. Wellness tourism juga populer di beberapa negara di Asia.

Mengenal Daun Gedi yang Populer di Sulawesi Utara, dan Banyak Manfaatnya bagi Kesehatan

Jenis wellness yang biasanya ditawarkan dalam wellness tourism mencakup yoga, meditasi, perawatan spa tradisional, serta berbagai aktifitas fisik di alam seperti hiking, rafting dan lain sebagainya. Menurut medicaltourism.id, berikut adalah negara-negara yang terkenal dengan wisata kebugarannya,

Indonesia : Wellness tourism di Indonesia dikenal telah ada sejak 2012, namun jauh sebelum itu sudah banyak bahan rempah-rempah yang dikenal di dunia yang merupakan bahan baku untuk ramuan pijat atau spa. Indonesia kaya akan rempah dan tanaman obat, yang sampai saat ini terus dikembangkan. Wellness tourism yang populer di Indonesia diantaranya adalah jamu herbal medicine, balinese massage, dan essential oil. Saat ini potensi wellness tourism sedang gencar dipublikasikan dan dikembangkan. Salah satu faktor kunci yang mendorong pertumbuhan wellness tourism di Indonesia adalah kekayaan sumber daya alam yang dimiliki negara ini. Indonesia adalah rumah bagi beberapa bentang alam terindah dan keanekaragaman hayati di dunia, menjadikannya tujuan ideal bagi mereka yang ingin terhubung kembali dengan alam dan melepaskan diri dari tekanan kehidupan sehari-hari. Selain itu, budaya Indonesia kaya akan praktik penyembuhan tradisional, seperti pijat, pengobatan herbal, dan meditasi, yang semuanya disertakan dalam banyak program kebugaran dan kesehatan yang ditawarkan di resor dan spa.

RESEP: 3 Hidangan Penuh Rempah dari Dapur India

Tampaksiring

Photo :
  • IG/tampaksiring

Sesajen

Photo :
  • IG/tampaksiring
Etnaprana: Kaya Manfaat Pare, Tanaman Ajaib dalam Budaya Wellness Indonesia

Korea Selatan : Dilansir dari travel.kompas.com, wellness tourism di Korea Selatan mulai berkembang pesat seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat akan kesehatan khususnya selama pandemi Covid-19. Wellness tourism yang populer di Korea Selatan diantaranya adalah kecantikan dan spa, pengobatan tradisional Korea, penyembuhan alam dan hutan, serta penyembuhan dan meditasi.

Halaman Selanjutnya
img_title