Mengenal So'oso, Perawatan Lulur Khas Madura sebagai Wellness dan Etnaprana Indonesia

Perawatan Wajah Gaya Spa Wellness Etnaprana
Sumber :
  • gayaspawellness

Jakarta, WISATA - Dalam konteks Indonesia, konsep wellness selaras dengan tradisi dan kearifan lokal. Sebut saja Etnaprana, praktik holistik yang memadukan Spa, yoga, meditasi, pengobatan tradisional, hingga tarian untuk keseimbangan fisik, mental, dan spiritual.

Cara Menghilangkan Bau Kotoran dan Kencing Tikus, Hingga Tikus Kapok Kembali

Salah satu praktik Etnaprana yang populer di Indonesia adalah perawatan lulur. Perawatan ini menggunakan bahan-bahan alami yang dipercaya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

So'oso adalah salah satu jenis perawatan lulur khas Madura yang telah ada sejak berabad-abad lalu. So'oso terbuat dari bahan-bahan alami, seperti beras, kunyit, dan rempah-rempah.

UNAIR: Pakar Sosiologi Soroti Tradisi Pertunangan Bocah Berumur Empat Tahun di Madura

Perawatan So'oso biasanya dilakukan selama 2-3 jam. Terapis akan memulai dengan memijat tubuh dengan minyak esensial untuk merilekskan otot. Setelah itu, terapis akan mengoleskan lulur So'oso ke seluruh tubuh.

Lulur So'oso memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, antara lain:

Peringati Hari Pemasyarakatan (HBP) ke-60 dan Semarakkan Ramadan Rutan Sumenep Gelar Lomba MTQ

So'oso dapat dikategorikan sebagai wellness karena memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan secara holistik. So'oso juga dapat dikategorikan sebagai Etnaprana karena memadukan unsur-unsur tradisional, seperti bahan-bahan alami dan teknik pijat tradisional.

Halaman Selanjutnya
img_title