SURABAYA: 6 Wisata di Wethan Wonderland Banjarsugihan, Hadirkan Kampung Tematik Akulturasi Budaya

Wethan Wonderland Banjarsugihan Surabaya
Sumber :
  • surabaya.go.id

Surabaya, WISATA – Inilah objek wisata baru di kota Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur.

Wethan Wonderland Banjarsugihan Surabaya menghadirkan enam kampung tematik dengan konsep akulturasi budaya lokal dan mancanegara.

Berlokasi di RW 1 Kelurahan Banjarsugihan, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya, para wisatawan dapat mengunjungi enam kampung tematik.

Di antaranya Kampung Terajana (Teras Jawa-China), Kampung Jawara (Jawa-Eropa), Kampung Joker (Jowo-Korea), Kampung Adinda (Apache-Indian-Dayak), Kampung Nostalgia, dan Kampung Jelita (Jepang Bali).

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) terus berupaya menggembangkan kampung tematik di Kota Pahlawan.  

Hingga saat ini, 35 kampung tematik tumbuh dengan mengenalkan potensi lokal, budaya, sejarah, dan kreativitas warga.

Pemkot ingin menawarkan wisata menarik dan terjangkau bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajad mengatakan, Kota Pahlawan tidak hanya fokus sebagai kota bisnis, jasa dan perdagangan, tetapi juga menjadi jujukan pariwisata.

“Dalam rangka pemerataan, wisata di perkampungan juga terus dikembangkan. Bagaimana wilayah di setiap kelurahan memiliki kampung tematik, sehingga ketika Surabaya menjadi jujukan, sebagai kota MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) ada satu paket yang melekat,” kata Irvan (12/9/2024).

Irvan menambahkan, 35 kampung tematik yang ada di wilayah Kota Surabaya itu, memiliki karakter masing-masing, dengan melibatkan UMKM setempat untuk menggerakkan roda perekonomian di wilayah itu.

“Seperti di Wethan Wonderland, memiliki beberapa kampung tematik, ada akulturasi kebudayaan luar negeri dan nuansa lokal. Kampung kreatif ini akan kita perbanyak, karena ada nilai-nilai budaya yang harus kita pertahankan di kampung tematik,” ujar Irvan.

Ia berharap, Wethan Wonderland Banjarsugihan Surabaya yang memiliki enam kampung tematik dapat menjadi destinasi wisata.

“Karena kampung tematik ini adalah hasil kreativitas warga, pemerintah hanya memfasilitasi dan mendorong. Seperti kampung ini, ketika warga sudah berkreasi, kami menggandengkan perusahan agar kampung tematik bisa berkelanjutan. Jadi butuh didampingi pemerintah, swasta, media, maupun akademisi khususnya di sektor wisata,” tuturnya.

Adanya kampung tematik juga selaras dengan pengembangan konsep compact city di kawasan Surabaya Barat.

Salah satunya menyediakan kawasan hiburan menarik dan terjangkau.

“Wisatawan bisa melihat melalui website Kelurahan Cantik, di sana bisa dilihat potensi masing-masing kelurahan. Ini juga digabungkan dengan konsep compact city, bagaimana ketika warga butuh hiburan, tidak harus pergi jauh-jauh,” terangnya.

(Sumber: surabaya.go.id)

Yuk Kita Lihat Kampung-kampung Tematik di Malang yang Diminati oleh Wisatawan Mancanegara dari Eropa