BOYOLALI: Tafta Aji dan Isna Nur Ifa Terpilih Jadi Duta Genre Boyolali Tahun 2024

Tafta Aji dan Isna Nur Ifa, Duta Genre Boyolali tahun 2024
Sumber :
  • boyolali.go.id

Boyolali, WISATA – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah menggelar pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) tahun 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman kantor DP2KBP3A Kabupaten Boyolali, pada Rabu (11/9/2024) malam.

Kepala DP2KBP3A Kabupaten Boyolali, Ratri S. Survivalina menjelaskan, proses pemilihan Duta Genre ini sudah berlangsung selama dua minggu, diawali dengan tes tertulis, tes psikologi, tes mosi dan sebagainya.

Dari 60 peserta yang berusia 15-21 tahun, telah dipilih menjadi 10 pasang untuk mengikuti ajang final.

Selanjutnya, akan dipilih tiga besar, dan juara pertama akan mewakili Boyolali dalam pemilihan Duta Genre Provinsi Jawa Tengah.

Menurut perempuan yang akrab disapa Lina ini, Duta Genre diharapkan mampu menjadi motivator bagi teman sebayanya untuk mengkampanyekan perilaku remaja yang berencana.

Lina menambahkan, remaja berencana adalah remaja yang merencanakan kesehatan reproduksi, kesehatan, pergaulan serta tidak sembarangan menata masa depan.

"Yang dinilai ini tingkat pengetahuan, kepribadian, kemudian aspek sosial bagaimana tata cara etika, perilaku dan sebagainya," ujarnya.

"Harapannya, remaja-remaja di Boyolali ini akan tertarik untuk menjadi panutan bagi remaja-remaja yang lain memberikan contoh dan teladan yang bagus, terutama untuk perilaku kehidupan sehari-harinya yang harus berencana menghadapi masa dewasanya," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan menyatakan, Duta Genre adalah agen-agen yang akan mensosialisasikan program-program DP2KBP3A seperti pencegahan pernikahan usia dini dan HIV AIDS.

Maraknya kasus HIV AIDS yang sudah merambah seluruh wilayah Boyolali, harus menjadi perhatian bersama.

Pihaknya berpesan kepada para Duta Genre agar bisa mensosialisasikan kepada teman sebaya maupun masyarakat untuk mencegah kasus HIV AIDS terus berkembang.

"Mudah-mudahan dengan terus kita sosialisasikan, kita cegah adanya HIV AIDS ini kasusnya tidak tambah, dan insyaallah bisa sembuh. Selamat para finalis, mudah-mudahan bisa membawa nama baik Boyolali di kancah berikutnya," ungkap Wabup yang akrab disapa Iwan ini.

Sebagai informasi, juara pertama Duta Genre Kabupaten Boyolali tahun 2024 dimenangkan oleh Tafta Aji dan Isna Nur Ifa.

Selanjutnya, juara kedua yaitu Moses Evan Sulistyo dan Hana Setyantika.

Sedangkan sebagai juara ketiga, adalah Ghasani Jati dan Sabila Nurul.

(Sumber: boyolali.go.id)

Demi Prinsip, Socrates Memilih Mati: Apa Artinya Bagi Kita Hari Ini?