Perbedaan Yoga dan Pilates, Bentuk Olah Tubuh yang Populer Saat Ini. Manakah yang Cocok untuk Anda?

Pilates
Sumber :
  • pixabay

WISATA – Yoga dan Pilates adalah bentuk latihan olah tubuh yang populer saat ini. Sekilas gerakannya sangat mirip satu sama lain. Yang membedakan hanyalah tujuan akhirnya. Jika yoga berfokus pada peningkatan kekuatan, fleksibilitas, meditasi dan koneksi pikiran-tubuh, maka pilates lebih kepada penempaan stamina tubuh.  Berikut ini beberapa perbedaan yang mencolok antara keduanya dirangkum dari berbagai sumber:

Batangeh dan Uruik Minang: Ritual Etno Wellness Etnaprana untuk Keseimbangan Jiwa dan Raga

1. Asal Usul - Yoga adalah praktik kuno yang berasal dari India ribuan tahun yang lalu, berfokus pada penyatuan pikiran, tubuh, dan jiwa. Pilates yang dikembangkan oleh Joseph Pilates pada awal abad ke-20 adalah sebagai bentuk rehabilitasi dan pengondisian fisik.

2. Fokus - Yoga menekankan pendekatan holistik, termasuk postur fisik (asana), teknik pernapasan (pranayama), meditasi, dan prinsip etika. Ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan dan pertumbuhan spiritual. Pilates berfokus pada kekuatan inti, stabilitas, dan keselarasan sambil menggabungkan pola gerakan yang terkontrol.

Etno Wellness Spa Minang: Merawat Diri dengan Kearifan Etnaprana

3. Pernapasan - Dalam yoga, teknik pernapasan tertentu memainkan peran penting dalam latihan. Bernapas digunakan untuk menenangkan pikiran, meningkatkan aliran energi, dan memperdalam hubungan antara napas dan gerakan. Pilates juga menekankan pernapasan, tetapi biasanya mengikuti pola tertentu dan berfokus pada otot inti.

4. Peralatan - Pilates sering kali melibatkan penggunaan peralatan khusus, seperti reformer, tongkat , dan resistance band. Perangkat ini membantu memfasilitasi pelatihan ketahanan, mendukung keselarasan yang tepat, dan menambah variasi pada latihan. Yoga, umumnya menggunakan penyangga seperti balok, tali, dan guling untuk menopang dan memperdalam peregangan.

15 Etno Wellness Spa Indonesia, sebagai Warisan Leluhur Wellness Nusantara

yoga

Photo :
  • pixabay
Halaman Selanjutnya
img_title