MONUMEN PERS NASIONAL: Gelar Pameran Bertajuk Keberagaman Koleksi Museum Nusantara

Pameran Bersama Museum
Sumber :
  • infopublik.id

Solo, WISATA Monumen Pers Nasional, Solo, Jawa Tengah menggelar pameran bersama dengan beberapa museum di Indonesia bertajuk "Keberagaman Koleksi Museum Nusantara" sebagai upaya menjaga dan memperkenalkan keberadaan benda-benda bersejarah.

Pameran akan berlangsung mulai tanggal 22 hingga 26 Juli 2024.

Museum-museum tersebut di antaranya, Museum BPK RI, Museum Biologi, Museum Bank Mandiri, Museum Deli Serdang, Museum Neka Art Bali, Museum Penerangan, Museum Radya Pustaka, Museum Rumah Budaya Kratonan, Museum Kretek Kudus, Museum Sangiran, Museum Ranggawarsita, Museum Sandi, Museum Akpol, Museum Geologi, Museum Bank Indonesia.

“Kami berharap, kolaborasi ini dapat berjalan terus ke depannya,” ucap Kepala Monumen Pers Nasional, Widodo Hastjaryo di Solo, Senin (22/7/2024).

Pameran yang turut disaksikan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Usman Kansong tersebut, juga melibatkan sembilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Menurut Widodo, Indonesia adalah negara kesatuan yang penuh dengan keberagaman.

Indonesia terdiri atas beranekaragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama, dan kepercayaan, dan yang lainnya.

“Indonesia juga mampu menyatukan berbagai keberagaman itu. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki sejarah yang sangat kaya dan beragam. Keberagaman ini bukan hanya terlihat dalam aspek budaya, tetapi juga dalam sejarah panjang yang membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujarnya.

Indonesia dikenal memiliki keragaman aset budaya dan tradisi yang sangat menarik serta bervariasi. Maka tantangan museum kedepannya, ujar Widodo, sangat besar, terutama di era disrupsi. Hal ini menjadikan museum sebagai media yang universal untuk pelestarian warisan budaya, wahana pembelajaran masyarakat, serta objek wisata yang edukatif, perlu didorong agar menjadi dinamis dan adaptif sehingga dapat melayani masyarakat dengan memadai terutama di era museum 4.0.

“Dengan adanya kegiatan pameran bersama Museum ini, diharapkan dapat mengubah citra dan “wajah” museum Indonesia menjadi lebih menarik dan lebih prima, sehingga masyarakat mendapatkan edukasi dan pembelajaran Iebih dalam tentang sejarah dan budaya Indonesia. Semoga rangkaian kegiatan ini, dapat meningkatkan literasi dan menumbuhkan minat masyarakat untuk berkunjung ke museum,” ujar Widodo.

Monumen Pers Nasional sebagai museum di bawah Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, melaksanakan tugas yang berkaitan dengan pelayanan dan informasi kepada seluruh masyarakat di lingkungan wilayah Surakarta (Solo) dan sekitarnya.

Untuk melaksanakan tugas ini, dibutuhkan dukungan dan kerjasama sinergis dengan berbagai stakeholder permuseuman.

“Kami berharap dan mengajak masyarakat umum, warga Solo khususnya, hingga 5 hari ke depan untuk bisa melihat keberagaman koleksi museum se-Nusantara yang berlangsung di Monumen Pers Nasional ini. Kami juga berharap, dukungan dari berbagai pihak, untuk turut mempromosikan event ini. Harapannya, pameran turut mendukung pariwisata Kota Surakarta dan UMKM lokal,” ujar Widodo.

(Sumber: infopublik.id)

SOLO: Yuk, Cari Tahu Keunikan Kampung Wisata Sintaboma di Tengah Kota, Paduan Sejarah dan Kuliner