Atalanta Juara Liga Europa, Apakah AS Roma Akan Jadi Tim Italia Keenam di Liga Champions?

Atalanta juara Liga Europa 2023-2024
Sumber :
  • tvonews.com

Jakarta, WISATA – Keberhasilan Atalanta menjuarai Liga Europa musim 2023/24 membuka peluang bagi Serie A untuk memiliki enam wakil di Liga Champions musim depan. Namun, AS Roma masih harus memenuhi beberapa syarat untuk bisa lolos ke kompetisi bergengsi tersebut.

Calvin Verdonk: Kepanasan di Stadion Gelora Bung Karno Saat Debut di Timnas Indonesia

Menurut laporan dari Football Italia, Roma bisa menjadi tim keenam dari Italia yang lolos ke Liga Champions jika Atalanta finis di posisi kelima Serie A musim ini. Jika skenario ini terjadi, maka Roma akan diuntungkan dengan tambahan jatah yang diberikan oleh UEFA berdasarkan peringkat kompetisi.

Namun, jika Atalanta finis di atas posisi kelima, misalnya di peringkat ketiga atau keempat, maka Italia akan tetap diwakili oleh lima tim, dan AS Roma batal melenggang ke Liga Champions. Hal ini karena Italia awalnya hanya mendapatkan empat jatah di Liga Champions. Peringkat kelima Serie A bisa lolos melalui jatah tambahan, asalkan Atalanta finis di posisi kelima.

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Taklukkan Filipina 2-0 di SUGBK, Lolos Babak Ketiga!

Jika Atalanta finis di peringkat kelima, maka ada enam tim Serie A yang akan lolos ke Liga Champions. Atalanta akan lolos sebagai juara Liga Europa, sementara Inter Milan, AC Milan, Bologna, dan Juventus akan lolos melalui jalur "top 4 Serie A". Slot tambahan kemudian akan diberikan kepada AS Roma yang berada di peringkat keenam.

Namun, jika Atalanta finis di peringkat ketiga atau keempat, mereka akan lolos ke Liga Champions melalui jalur "top 4 Serie A". Dalam skenario ini, AS Roma tidak akan mendapatkan slot tambahan karena status slot juara Liga Europa milik Atalanta tidak diturunkan ke klub Italia lainnya. Slot tersebut akan diberikan kepada klub Eropa dengan koefisien tinggi yang sedang ikut kualifikasi Liga Champions, yang saat ini adalah Benfica.

AFC: Timnas Indonesia Berpeluang Ukir Sejarah di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Saat ini, Atalanta berada di peringkat kelima dengan 66 poin, sementara Bologna dan Juventus masing-masing mengumpulkan 68 poin. Masih ada satu pekan tersisa di Serie A, dan Atalanta masih memiliki satu laga tunda. La Dea akan menghadapi Torino pada 26 Mei dan menjamu Fiorentina pada 2 Juni. Roma masih harus menunggu hingga semua pertandingan Atalanta selesai untuk mengetahui nasib mereka.

Prospek Lolosnya Roma ke Liga Champions

Halaman Selanjutnya
img_title