Pratama Arhan Belum Debut di Suwon FC, Pelatih Kim Eun-joong Jelaskan Alasannya

Pratama Arhan
Sumber :
  • pssi.org

Jakarta, WISATA – Pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan, tengah menjadi sorotan di Korea Selatan karena belum juga mendapatkan debut meski sudah empat bulan bergabung dengan Suwon FC. Pelatih Suwon FC, Kim Eun-joong, mengakui bahwa ia tidak bisa menurunkan Pratama Arhan karena kondisi fisiknya yang menurun setelah play-off Olimpiade melawan Guinea.

Program Naturalisasi PSSI: Kontroversi dan Keberhasilan Timnas Indonesia

Akibat dari kondisi tersebut, meskipun sudah menjanjikan debut, Kim Eun-joong tidak memberikan posisi bagi pemain bek kiri tersebut pada laga kontra Pohang Steelers, Minggu (19/5/2024) lalu. Pengamat sepak bola Korea Selatan, Lim Hyeong-cheol, mengakui bahwa kualitas Pratama Arhan sebenarnya cocok dengan taktik yang diterapkan oleh pelatih Kim Eun-joong.

Analisis Pengamat Sepak Bola

Drama Kontrak Shin Tae-yong: Akankah Kembali ke Korea Selatan atau Bertahan di Timnas Indonesia?

"Arhan adalah pemain yang menggabungkan dribbling, penetrasi, dan pergerakan. Ini cocok dengan taktik dari pelatih Kim Eun-joong sampai batas tertentu. Dia pasti akan berguna," kata Lim Hyeong-cheol yang dikutip dari laman Joongboo Ilbo. Namun, Lim Hyeong-cheol juga menekankan pentingnya memahami sudut pandang dari sang pelatih.

Pelatih tentu menginginkan pemain dalam kondisi fisik yang optimal, yang mana belum dimiliki oleh Pratama Arhan setelah turnamen Piala Asia U-23 dan play-off Olimpiade sepanjang April lalu. "Dari sudut pandang pelatih Kim Eun-joong, dia ingin ada pertahanan yang stabil. Karena fisik Arhan masih lemah, tentu dia tidak akan membiarkannya bermain," jelas Lim Hyeong-cheol.

Pemain Inter Milan Beri Sinyal Keras untuk Gabung Timnas Indonesia

Komitmen Pelatih Kim Eun-joong

Meski demikian, Lim Hyeong-cheol percaya bahwa Kim Eun-joong akan memegang janjinya untuk memberikan debut pada Pratama Arhan dan tidak menganggapnya hanya sebagai pemain yang menaikkan nama klub karena popularitasnya di media sosial. "Pada akhirnya, waktu debut Arhan akan tiba tergantung pada bagaimana dia mengatasi fisiknya dan bekerja dengan baik bersama rekan satu timnya," tambah Lim Hyeong-cheol.

Halaman Selanjutnya
img_title