Cara Mengatasi Rasa Cemas dengan Latihan Pernapasan yang Mudah dan dapat Dilakukan di Mana Saja

Rasa Cemas yang Berlebihan Sangat Mengganggu
Sumber :
  • pixabay

Malang, WISATA – Rasa cemas sering kali mengacaukan suasana hati. Emosi yang ditandai dengan perasaan tegang dan khawatir ini bisa saja menjadi pemicu stres. Rasa cemas yang berlebihan dapat menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari.

Review Lagu “Anak Lanang” oleh Woro Widowati

Meskipun merupakan perasaan yang wajar, rasa cemas bisa membuat Anda mengalami peningkatan detak jantung, pusing, ketegangan otot, dan sensasi fisik lainnya. Hal itu sangat tidak nyaman.

Itu disebabkan saat sedang merasa cemas, seseorang cenderung mengambil napas cepat dan dangkal dari dada (pernapasan toraks) yang mengganggu kadar oksigen dan karbon dioksida dalam tubuh.

Nasihat Stoicisme: Jangan Biarkan Emosi Menguasai Anda

Anda bisa meredakan rasa cemas dengan melakukan latihan pernapasan. Ini dapat dilakukan di mana saja, baik di rumah maupun di kantor. Lakukan segera begitu Anda terganggu oleh rasa cemas.

Berikut ini teknik sederhana bagaimana cara meredakan cemas:

9 Nasihat Stoik tentang Takdir dan Penghargaan terhadap Kebajikan

1. Siapkan salah satu sudut rumah yang membuat Anda merasa nyaman

Anda boleh menaruh lilin, minyak esensial  atau musik yang dapat membantu Anda menenangkan diri. Letakkan bantal di lantai untuk duduk selama latihan pernapasan. Latihan ini bisa juga Anda lakukan dengan duduk di kursi.

Halaman Selanjutnya
img_title