Ilmuwan Temukan Sisa-sisa 'Hobbit' 7.000 Tahun yang Mirip Nenek Moyang Manusia di Indonesia

Perbandingan Ukuran antara Hobbit dengan Manusia Modern
Sumber :
  • Facebook/archaeologyworldwide.com

Malang, WISATA – Sebuah tim peneliti internasional baru saja mengumumkan penemuan sisa-sisa berusia 700.000 tahun yang terkait dengan spesies kecil nenek moyang manusia, yang disebut sebagai 'hobbit'.

Spesies dari Genus Homo, Berdasarkan Masa Hidupnya

Ditemukan di sebuah pulau di Indonesia, hominin yang baru ditemukan ini hanya tumbuh setinggi sekitar 1 meter dan tidak jelas apakah mereka mewakili spesies baru.

Dilansir dari archaeologyworldwide.com, mereka sangat mirip dengan spesies hobbit yang dikenal saat ini, Homo floresiensis - perbedaan besarnya adalah mereka hidup lebih dari 600.000 tahun sebelumnya, sehingga mengguncang pemahaman kita tentang evolusi hominin. 

Tengkorak Berusia 1,8 Juta Tahun Mengungkap Informasi tentang Sejarah Evolusi Kita

“Penemuan ini memiliki implikasi penting bagi pemahaman kita tentang penyebaran dan evolusi manusia purba di wilayah tersebut dan menghilangkan semua keraguan yang percaya bahwa Homo floresiensis hanyalah manusia modern yang sakit (Homo sapiens),” kata pemimpin peneliti Gert van den Bergh, dari Universitas Wollongong di Australia.

“Hebatnya fosil-fosil ini, termasuk dua gigi susu anak-anak, setidaknya berusia 700.000 tahun. 

Surga di Timur Indonesia Itu Bernama Labuan Bajo…

Tim menemukan pecahan rahang dan enam gigi, dari setidaknya satu orang dewasa dan dua anak-anak, terkubur di bawah dasar sungai kuno di sebuah situs yang dikenal sebagai Mata Menge, di Pulau Flores, Indonesia. 

Ini adalah pulau yang sama tempat H. floresiensis ditemukan pada tahun 2003. Dijuluki 'hobbit', spesies ini sungguh luar biasa, karena mereka mungkin hidup berdampingan dengan manusia modern, hingga 12.000 tahun yang lalu. 

Halaman Selanjutnya
img_title