Spesies dari Genus Homo, Berdasarkan Masa Hidupnya

Kehidupan sebagai Pemburu-Pengumpul
  • Instagram/evolution_soup

Malang, WISATA – Genus Homo yang diperkirakan muncul sekitar 2,8 juta tahun lalu, mencakup manusia modern serta beberapa nenek moyang dan kerabat dekat manusia modern. Satu-satunya spesies yang hidup dari genus ini saat ini adalah Homo sapiens

Lucy Australopithecus, telah Menjadi Bahan Perdebatan Sengit di Kalangan Ilmuwan

Homo habilis

Ini adalah spesies Homo, diperkirakan muncul sekitar 2,3 juta tahun yang lalu. Homo habilis yang berhasil bertahan hidup selama 600/700 ribu tahun menyebar ke Afrika bagian timur dan selatan. Karena alat-alat batu juga ditemukan di daerah tempat ditemukannya fosil, maka Homo habilis diperkirakan memiliki kemampuan dalam menggunakan alat-alat tersebut.

Peran Mammoth dalam Kehidupan Masyarakat Manusia Purba yang Kompleks

Tingginya antara 100-140 cm (40-55 inci), sehingga diperkirakan beratnya antara 35-55 kg (77-121 pon). Menurut penelitian terbaru, ukuran otak mereka bervariasi antara 500-900 cm³ (30-55 in³)

Homo rudolfensis

Benarkah Kelemahan Neanderthal yang Sebabkan Kepunahan adalah karena Mata Besarnya?

Ini adalah spesies Homo, diperkirakan muncul sekitar 2 juta tahun yang lalu. Tidak diketahui apakah mereka mampu menggunakan alat. Mereka diperkirakan lebih tinggi dari Homo habilis. Ukuran otak tengkorak yang ditemukan di Kenya dan disebut sebagai KNM-ER 1470 adalah sekitar 775 cm³ (47 in³).

Homo rudolfensis adalah spesies yang kontroversial. Beberapa ilmuwan mengira mereka sebenarnya adalah Homo habilis, sementara yang lain mengira mereka termasuk dalam genus Australopithecus