Peduli Perubahan Iklim? Yuk Ikutan Aksi Earth Hour dengan Matikan Lampu Satu Jam saja Malam Ini!

Earth Hour
Sumber :
  • IG/ehindonesia

Malang, WISATA – Earth Hour 2024 akan diperingati pada Sabtu, 23 Maret 2024. Seluruh masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia, diajak untuk mematikan lampu selama satu jam mulai pukul 20.30 hingga 21.30 waktu setempat.

Menelusuri Jejak Kearifan Lokal: Memahami Filsafat Jawa, Sejarah, dan Pengaruhnya

Tema Earth Hour 2024 adalah Uniting for our one shared home menurut sumber internasional. Namun, menurut World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia, tema Earth Hour 2024 adalah A Big Moment for The Earth yang artinya sebuah momen besar untuk Bumi. Melalui tema ini, Earth Hour berharap lebih banyak orang yang mendukung dan merayakan pentingnya planet Bumi dan lingkungan hidup setiap makhluk.

Tujuan utama Earth Hour adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menghadapi perubahan iklim. Earth Hour mengajak individu, pelaku usaha, dan pemerintah untuk ikut bertanggung jawab atas jejak ekologis yang mereka keluarkan. Tindakan kecil seperti mematikan lampu dan alat elektronik selama satu jam diharapkan bisa memberikan solusi terhadap masalah lingkungan.

Filsafat Cina: Memahami Sejarah, Pengertian, Tokoh, Karya, dan Pengaruhnya

Earth Hour dimulai sebagai acara pemadaman lampu di Sydney, Australia pada tahun 2007, tepatnya pada hari Sabtu, 31 Maret 2007. Earth Hour pertama di Sydney, Australia, melibatkan lebih dari 2,2 juta orang mematikan lampu selama satu jam untuk menunjukkan kepada pemerintah yang skeptis terhadap perubahan iklim bahwa masyarakatnya peduli terhadap perubahan iklim.

Sejak itu, Earth Hour telah berkembang dengan melibatkan jutaan pendukung di lebih dari 185 negara dan wilayah, menginspirasi individu dan organisasi di seluruh dunia untuk mengambil tindakan bagi lingkungan dan mendorong perubahan legislatif yang besar dengan memanfaatkan kekuatan massa. Seiring berkembangnya gerakan ini, acara pemadaman lampu selama satu jam terus menjadi simbol komitmen yang lebih luas terhadap alam dan planet kita. WWF-Australia menginspirasi masyarakat Sydney untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap aksi iklim.

Peran Filsafat Peripatetik dalam Sejarah dan Pengaruhnya

Perlu diketahui, Earth Hour hanya meminta masyarakat mematikan lampu yang tidak penting selama satu jam, bukan lampu yang mengganggu keselamatan publik. Earth Hour juga merupakan perayaan terhadap planet bumi sehingga penting untuk menikmati momen dalam lingkungan yang aman.

Untuk rencana aksi di kota-kota besar di Indonesia, biasanya melibatkan berbagai kegiatan pendukung yang berhubungan dengan penghematan energi dan penyelamatan lingkungan lainnya. Namun, untuk detail kegiatan di setiap kota, biasanya diumumkan oleh masing-masing komunitas atau pemerintah setempat mendekati tanggal pelaksanaan Earth Hour.

Halaman Selanjutnya
img_title