Uji DNA Menunjukkan Mumi Prajurit Scythian adalah Seorang Gadis Berusia 13 Tahun

Prajurit Muda
Sumber :
  • Facebook/archaelogynewsnetwork.com

Malang, WISATA – Kisah klan wanita pejuang terbentuk dalam mitologi Yunani pada masa ketika ada dewa, pejuang, dan penguasa kuno. Para pejuang perempuan yang kuat dari Asia Kecil ini dikatakan sebagai putri para dewa, telah memikat imajinasi orang selama berabad-abad dan terus meresapi budaya populer saat ini sebagai pejuang Amazon yang mistis. 

Manusia dan Neanderthal Melakukan Kawin Silang 47.000 Tahun yang Lalu

Untuk waktu yang lama, wanita pejuang ini dianggap hanya isapan jempol dari imajinasi kuno, namun bukti arkeologis telah mengungkapkan bahwa wanita pejuang, yang mungkin mengilhami mitos-mitos ini, benar-benar ada. Akhir tahun lalu, sebuah penemuan arkeologi mengenai dua wanita yang diperkirakan merupakan orang Skit nomaden dari sekitar 2.500 tahun yang lalu (abad ke-4 SM) terungkap. Mereka dimakamkan di tempat yang sekarang disebut desa Devitsa, Rusia barat, dengan bagian dari perlengkapan berkuda dan senjata, termasuk pisau besi dan 30 mata panah.

“Kami dapat mengatakan bahwa kedua wanita ini adalah pejuang berkuda,” kata arkeolog Valerii Guliaev dari Institut Arkeologi Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia pada saat itu. 

Lantai Mosaik Berusia 2200 Tahun yang Menggambarkan Muse Kalliope Ditemukan di Side, Turki

Mereka ditemukan di gundukan kuburan bersama dua wanita lainnya - salah satunya berusia antara 40 - 50 tahun, yang mengenakan hiasan kepala emas dengan hiasan hiasan bunga. Yang lainnya, berusia 30 - 35 tahun, dikuburkan di samping dua tombak dan diposisikan seperti sedang menunggang kuda. 

“Selama dekade terakhir, ekspedisi kami telah menemukan sekitar 11 kuburan perempuan muda bersenjata. Gerobak terpisah diisi untuk mereka dan semua upacara penguburan yang biasanya dilakukan untuk laki-laki dilakukan untuk mereka,” jelas Guliaev.

DNA Kuno Ungkap Penampilan dan Kondisi Kesehatan Kaisar Tiongkok Abad ke-6

Kini, tim lain dari Rusia telah memetakan genom sisa-sisa Scythian berusia 2.600 tahun yang ditemukan di sarkofagus kayu dengan serangkaian senjata pada tahun 1988. 

“Anak ini awalnya dianggap laki-laki karena di dalamnya ditemukan ciri-ciri (biasanya dikaitkan dengan laki-laki) temuan arkeologis: kapak, busur, anak panah,” kata arkeologi Varvara Busova dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia kepada ScienceAlart.

Halaman Selanjutnya
img_title