Kapal Romawi 1.600 Tahun Ditemukan di Spanyol dalam Kondisi Masih Baik

Penemuan Kapal yang Berada 2 Meter di Bawah Permukaan Laut
Sumber :
  • Facebook/archaeologyworldwide

Malang, WISATA – Pada tahun 117 M, pada saat kematian Caesar Trajanus, Kekaisaran Romawi telah mencapai puncak teritorialnya, membentang melintasi Laut Mediterania ke Afrika Utara dan Asia Barat. Dan orang-orang Romawi menggunakan kapal untuk banyak hal yang dijual atau dibeli dari koloni mereka yang jauh. 

Salah Satu Kota Tertua di Dunia Ini 8.000 Tahun Lebih Tua dari Piramida Pertama

Oleh karena itu, bangkai kapal di perairan Laut Mediterania dari era Romawi biasa terjadi. Sekarang kapal kargo Romawi lainnya, yang dikenal sebagai Ses Fontanelles, telah ditemukan tak jauh dari salah satu tempat tersibuk di Mallorca, Spanyol

Dilansir dari archaeologyworldwide.com, kapal kargo Romawi yang berasal dari abad ke-4 Masehi, yang masih terawat baik ini membawa ratusan kendi anggur, zaitun, minyak, dan garum (saus ikan fermentasi). Selama persinggahan di Mallorca, dalam perjalanan dari barat daya Spanyol ke Italia, kapal berlabuh di Teluk Palma ketika gelombang ganas datang dan menelan kapal, menguburnya di bawah dasar laut dangkal. 

LIGA CHAMPIONS 2023-2024: Real Madrid vs RB Leipzig 1-1, Inilah Tim yang Maju ke Perempat Final

Kendi dengan Isi Masih Lengkap

Photo :
  • Facebook/archaeologyworldwide

Kapal kargo Romawi yang karam pertama kali terlihat pada musim panas 2019. Kapal itu diukur panjangnya sekitar 12 meter. 

5 Destinasi Wisata di Cadiz – Spanyol, Tempat Kelahiran Kike Linares, Pemain PSM Makassar yang Baru

Yang sangat mengejutkan adalah kenyataan bahwa kapal karam kuno ini terletak 50 meter dari pantai yang sangat sibuk, dengan isinya hanya 2 meter di bawah permukaan laut. Pantai yang sangat terkenal dengan turis ini tak jauh dari Balearics menyambut jutaan pengunjung setiap tahun, tetapi yang mengejutkan, tidak ada artefak kapal karam yang pernah disentuh setelah kapal tenggelam. 

Halaman Selanjutnya
img_title