Salah Satu Kota Tertua di Dunia Ini 8.000 Tahun Lebih Tua dari Piramida Pertama

Kota Aleppo
Sumber :
  • Facebook/archaelogynewsnetwork.com

Malang, WISATA – Di Suriah saat ini, sebuah kota kuno telah dibangun ribuan tahun sebelum piramida pertama Mesir dibangun. Kota Aleppo dianggap sebagai salah satu kota tertua di dunia dengan tanda-tanda pemukiman yang berasal dari zaman es terakhir ketika pemukiman dimulai sebagai daerah berpenduduk kecil. 

Orang Suriah Kuno Mengikuti Pola Makan Mediterania yang Terbukti Mencegah Penyakit Jantung

Penggalian di sebuah situs yang terletak tidak lebih dari 15 mil dari pusat kota kuno telah menghasilkan bukti arkeologis yang secara jelas menunjukkan bahwa kota tersebut, serta wilayah sekitarnya, telah dihuni setidaknya selama 13.000 tahun.

Fakta ini menjadikan kota kuno Aleppo dan wilayah sekitarnya menjadi salah satu kota tertua yang terus dihuni di permukaan planet ini.

Pub dan Bir telah Ada sejak 5000 Tahun Lalu di Sumeria, Irak

Dari peradaban kuno, pemukiman yang pada akhirnya akan melahirkan Aleppo bahkan sudah ada sebelum piramida tertua di Mesir. Nama aslinya, seperti nama banyak kota kuno lainnya, masih menjadi teka-teki karena teks-teks kuno yang berasal dari berdirinya pemukiman kuno tersebut tidak pernah ditemukan. 

Meskipun sejarahnya berasal dari masa ketika sejarah mungkin belum dilaporkan, kota ini disebutkan untuk pertama kalinya dalam tablet tanah liat berhuruf paku yang dibuat sekitar 5000 tahun yang lalu, yang telah menyebutkan kota ini sebagai kekuatan komersial dan militer.

Peta berusia 500 Tahun yang Ditemukan Menghancurkan Sejarah Planet Ini

Artinya, kota ini telah menjadi pusat penting di wilayah tersebut, hal ini menunjukkan bahwa jauh sebelum 5.000 tahun yang lalu, kota ini sudah populer di kalangan masyarakat di wilayah tersebut. Bagian tengahnya mungkin telah dihuni sejak milenium ke-6 SM.

Penggalian di Tell as-Sawda dan Tell al-Ansari, tepat di sebelah selatan kota tua Aleppo, menunjukkan bahwa daerah tersebut telah diduduki oleh orang Amori setidaknya sejak akhir milenium ke-3 SM.

Halaman Selanjutnya
img_title