Pemerintah Rencanakan Peremajaan Kebun Teh untuk Tingkatkan Produktivitas

Ilustrasi kebun teh
Sumber :
  • IG/kebuntehciwidey

WISATA – Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Pertanian, telah merencanakan peremajaan kebun teh untuk meningkatkan produktivitas teh di Indonesia, penyebabnya adalah banyak kebun teh yang sudah tidak pada usia produktif. Peremajaan kebun teh dianggap penting karena memiliki beberapa manfaat, antara lain:

KOPITU Tandatangani MoU dengan Kementerian Pertanian untuk Dukung Program Ketahanan Pangan

- Meningkatkan Produktivitas: Salah satu tujuan utama peremajaan kebun teh adalah untuk meningkatkan produktivitas teh di Indonesia. Banyak kebun teh yang sudah tidak pada usia produktif, sehingga peremajaan dapat membantu meningkatkan hasil panen.

- Pengendalian Erosi: Tanaman teh memiliki sistem akar yang kuat dan mampu memperkuat struktur tanah. Selain itu, perkebunan teh juga berperan dalam mengurangi erosi tanah dan menjaga keberlanjutan lingkungan sekitarnya.

Duh, Syahrul Yasin Limpo Disebut Memeras Ditjen Perkebunan Rp317 Juta untuk Biaya Pribadi

- Manfaat Sosial dan Ekonomi: Perkebunan teh sering menjadi sumber lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, membantu mengurangi tingkat pengangguran. Selain itu, perkebunan teh juga sering menjadi destinasi wisata yang populer, memberikan manfaat ekonomi tambahan bagi daerah tersebut.

Saat ini beberapa rencana telah dibuat untuk peremajaan kebun teh tersebut, diantaranya adalah :

Proyeksi Ekonomi Global dan Dampaknya Terhadap Indonesia: Analisis Terkini

- Kebun teh tua dan rusak berat dengan populasi di bawah 50% akan dilakukan peremajaan dengan bibit dari klon-klon unggul.

- Kebun teh dengan populasi tanaman antara 60 – 90% akan dilakukan rehabilitasi dengan teknologi infilling atau compacting.

Halaman Selanjutnya
img_title