Jangan Biarkan Hanya sebagai Tanaman Pagar, Kenali 5 Khasiat Pucuk Merah di Halaman Rumah Anda

Pucuk Merah yang Menghiasi Halaman
Sumber :
  • Instagram/poetimountainresort

Malang, WISATA – Pucuk merah (Syzygium oleana) adalah tanaman hias yang sering dijumpai di rumah-rumah, pinggir jalan maupun di fasilitas umum seperti perkantoran dan taman. Pucuk merah memiliki warna daun yang unik. Daun muda berwarna merah cerah kemudian berubah hijau saat menua. 

5 Tanaman Pencegah Nyamuk, Bisa Tumbuh di Dalam Ruangan sebagai Tanaman Hias

Anda mungkin mengenal tanaman pucuk merah sebagai tanaman hias  yang mempercantik taman depan rumah Anda. Selain itu pucuk merah juga sering digunakan sebagai tanaman pagar yang berfungsi sebagai pembatas kavling atau kepemilikan.

Selain sebagai tanaman hias dan tanaman pagar, pucuk merah memiliki khasiat yang mungkin belum banyak diketahui khalayak ramai. Tanaman ini kaya akan kandungan senyawa bioaktif yang memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri yang tinggi. Berbagai jenis senyawa bioaktif tersebut meliputi fenol, flavonoid, asam betulinat, alkaloid, triterpenoid, steroid, dan saponin. Oleh karena itu pucuk merah bermanfaat mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Raja Charles Telah Didiagnosis Menderita Kanker, Istana Buckingham Buat Pernyataan

Berikut ini khasiat pucuk merah yang perlu Anda ketahui:

1. Melawan pertumbuhan sel kanker

Inilah 3 Tanaman yang Dapat Mengurangi Panas, Begini Cara Menanam dan Merawatnya

Senyawa asam betulinat dan triterpenat yang terkandung dalam ekstrak pucuk merah diketahui dapat membantu membunuh sel kanker sekaligus menghambat penyebarannya, khususnya sel kanker payudara.

2. Mengatasi gejala irritable bowel syndrome

Halaman Selanjutnya
img_title