Macam-macam Asam dalam Dunia Kuliner Indonesia, dari Asam Sunti sampai Wadung

Asam Jawa, Bumbu Utama Sayur Asam
Sumber :
  • Instagram/nisasukarso

Malang, WISATA – Asam biasa digunakan dalam bumbu masakan di Indonesia. Tetapi apakah Anda tahu bahwa asam yang ada dalam dunia kuliner Indonesia ada beberapa jenisnya? Yang hobi masak sedikitnya pasti tahu macam-macam asam ini.

Festival Soto & Makanan Nusantara: Eksplorasi Lezat 20 Jenis Soto Berbeda!

Mungkin ada yang belum tahu macam-macam asam yang digunakan dalam dunia kuliner Indonesia. Ini disebabkan karena tiap daerah bisa jadi menggunakan bumbu yang berbeda, sehingga asam yang digunakan juga tidak sama. Kemungkinan lain, ada jenis asam yang tidak terdapat di daerah tertentu sehingga orang tidak menggunakan asam tersebut untuk melengkapi masakannya.

Pecinta kuliner, apalagi yang hobi masak, ada baiknya mengenal beberapa jenis asam yang digunakan sebagai bumbu dalam masakan di berbagai daerah di Indonesia ini. Tujuannya adalah memperluas khazanah dunia kuliner yang Anda cintai.

JAMU TRADISIONAL: Resep Jamu Kunir Asem, Mudah, Murah, Nikmat dan Penuh Manfaat

1. Asam Sunti

Asam Sunti yang Sebenarnya adalah Belimbing Wuluh yang Dikeringkan

Photo :
  • Instagram/dapurcela
Optimisme Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Asam sunti banyak digunakan dalam kuliner Aceh. Asam sunti sebenarnya adalah belimbing sayur atau belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) yang dikeringkan. Karena dalam keadaan segar belimbing wuluh ini tidak tahan lama, maka untuk bahan persediaan yang dapat digunakan setiap saat, maka belimbing wuluh ini diawetkan dengan jalan dikeringkan

2. Asam Jawa

Halaman Selanjutnya
img_title