Resep Mämmi, Makanan Penutup yang Harus Disajikan Saat Perayaan Paskah di Negara Finlandia

Maami, salah satu makanan penutup tradisional dari Finlandia
Sumber :
  • Ig: finlandjakarta

Jakarta, WISATA – Salah satu makanan penutup tradisional dari Finlandia adalah Maami. Biasanya kue ini mudah ditemukan saat paskah.

Mengapa Warga Finlandia Hidup Lebih Bahagia, Berikut Alasannya

 

Maami adalah kue yang teksturnya merupakan campuran antara kue bolu dan adonan kue kering,  walaupun ada juga yang mengatakan bahwa kue mämmi adalah campuran puding dan bubur. Kue ini sangat enak bila disajikan dingin. Dan toppingnya diberi krim, es krim,  susu dan saus vanila.

Desa Santa Claus di Finlandia: Destinasi Wisata yang Menyajikan Keajaiban Natal Sepanjang Tahun

Maami sudah ada sejak tahun 1600, bahkan menurut hikayat telah ada sejak tahun 1100. Pada waktu itu Finlandia merupakan negara Katolik dimana mammi dimakan saat Jumat Agung.  Tetapi karena ada kebijakan bahwa saat Jumat Agung dilarang memasak, sehingga kue ini sudah dipersiapkan jauh hari sebelum hari besar paskah.

Mammi merupakan makanan penutup yang populer selama Prapaskah. Khasiat yang ada pada kue mammi sebagai pencahar  (karena adanya gandum hitam) dengan demikian dikaitkan dengan "pembersihan" dan karenanya dengan proses pemurnian Prapaskah. Mämmi saat itu disiapkan dalam wadah yang terbuat dari kulit kayu birch.

Resep Mudah Perunaletut Panekuk dengan Rasa Kentang yang Lezat

Kue ini dibakar dan dapat disimpan selama beberapa hari di tempat yang dingin (lemari es)

Kue ini sangat cocok untuk hari dimulainya paskah yaitu Jum'at Agung.   Di Finlandia dapat ditemukan sepanjang waktu paskah.

Halaman Selanjutnya
img_title