Tips Membuat Tempe Goreng yang Awet Renyah, Hanya dengan 2 Macam Bumbu Saja

Sepiring Tempe Goreng
Sumber :
  • Instagram/meily_chin

Malang, WISATA – Tempe adalah makanan yang berasal dari kacang kedelai dan diproses melalui fermentasi. Makanan ini banyak dikonsumsi oleh Masyarakat Indonesia. Olahan tempe sangat banyak macamnya dan yang paling mudah adalah tempe goreng

Inikah yang Membuat Anda Sering Gagal? Begini Solusinya!

Orang menyukai tempe goreng ketika baru saja diangkat dari penggorengan. Rasanya gurih dan renyah. Setelah tempe sudah dingin, biasanya menjadi layu, tidak renyah hingga mengurangi keinginan untuk memakannya.

Tips membuat tempe goreng menjadi awet renyah ternyata simpel saja, yaitu dari bumbunya. Tidak perlu bermacam-macam bumbu, hanya 2 macam saja akan mempertahankan kerenyahan tempe goreng walaupun sudah dingin. 

Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Bisa Mengobati Maag, Fakta atau Mitos?

Pertama-tama siapkan tempe, buka bungkusnya lalu iris menjadi beberapa potong, lalu pada setiap potongnya digarit, yaitu digaris-garis dengan menggunakan pisau sampai tembus ke belakang tapi jangan sampai ujungnya putus. Pakailah pisau yang tajam, supaya memudahkan pengerjaan.

Setelah semua tempe digarit, siapkan bumbu celupan. Nah, inilah rahasianya supaya tempe awet renyah. Siapkan wadah, masukkan garam satu sendok makan dan micin satu sendok teh, kemudian tambahkan air sebanyak 500 ml. Di sini tidak memakai bawang putih dan ketumbar, karena keduanya akan memberikan efek hitam ketika digoreng.

7 Cara Ampuh Mengembalikan Daya Ingat, Cocok untuk Anda yang Mudah Lupa

Tempe yang sudah digarit tadi dimasukkan ke dalam bumbu celupan, bolak-balik sampai rata semua tercelup bumbu. Sementara itu siapkan minyak agak banyak, setelah minyak betul-betul panas, masukkan tempe yang sudah dicelupkan bumbu tadi. 

Untuk menggoreng tempe, jangan sampai terlalu penuh dalam wajan, secukupnya untuk beberapa tempe saja, yang penting semua terendam minyak. Apabila tempe sudah mulai nampak berwarna keemasan, sudah waktunya dibalik supaya merata matangnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title