Bunda, Begini Cara Melatih Anak agar Bisa Menjadi Mandiri

Melatih Anak untuk Bisa Mandiri
Sumber :
  • Image Creator/Handoko

Jakarta, WISATA - Membesarkan anak yang mandiri merupakan dambaan setiap orang tua. Anak yang mandiri dapat menyelesaikan tugasnya sendiri, bertanggung jawab atas dirinya sendiri, dan tidak selalu bergantung pada orang lain.

Plato: "Tugas Seorang Pemimpin adalah Bukan untuk Memenuhi Keinginannya Sendiri, Tetapi..."

Membangun kemandirian pada anak membutuhkan proses dan usaha yang berkelanjutan. Berikut beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk melatih anak agar bisa menjadi mandiri:

1. Berikan Tanggung Jawab yang Sesuai Usia

Mengurai Makna Tri Dharma dalam Sutasoma Karya Empu Tantular

Sejak usia dini, berikan anak tanggung jawab yang sesuai dengan usianya. Contohnya, untuk anak usia 2-3 tahun, Bunda bisa meminta mereka untuk membantu membereskan mainan, memasukkan baju kotor ke keranjang, atau menyiram tanaman.

Seiring dengan bertambahnya usia, tingkatkan tanggung jawab yang diberikan kepada anak. Contohnya, untuk anak usia 5-6 tahun, Bunda bisa meminta mereka untuk membantu menyiapkan sarapan, merapikan tempat tidur, atau mengerjakan pekerjaan rumah sederhana.

Inilah Frasa yang Sering Digunakan oleh Orang Cerdas dan Membuat Orang Banyak Bersimpati

2. Ajarkan Kemampuan Dasar

Ajarkan anak berbagai kemampuan dasar yang mereka perlukan untuk hidup mandiri, seperti memasak, mencuci baju, dan mengelola keuangan.

Halaman Selanjutnya
img_title