UGM: Menlu Beri Kuliah Umum, Jabarkan Diplomasi Indonesia untuk Palestina “All Eyes on Rafah”

Menlu Retno
Sumber :
  • kemlu.go.id

Yogyakarta, WISATA – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan kuliah umum di hadapan lebih dari 250 orang mahasiswa dan akademisi lintas keilmuan di Universitas Gadjah Mada (UGM) mengenai Diplomasi Indonesia untuk Palestina “All Eyes On Rafah" (3/6). Kuliah umum dibuka oleh Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, dan disiarkan secara online melalui youtube UGM.

Mahmoud Abbas Desak Sidang Darurat DK PBB Terkait Pembantaian di Kamp Pengungsi Nuseirat

Menlu Retno menyampaikan kuliahnya dalam dua bagian, yakni (1) perkembangan situasi Gaza saat ini, dan (2) sepak terjang politik luar negeri Indonesia dalam isu tersebut.

Menurut Menlu Retno situasi Palestina saat ini semakin memburuk. Sejak 7 Oktober tahun lalu, lebih 2 juta orang terusir. Lebih dari 36.284 orang terbunuh, 15.239 di antaranya adalah anak-anak. 196 personel PBB terbunuh, 82.057 luka-luka, 10 kuburan massal ditemukan di Gaza.

Serangan Biadab Israel di Kamp Pengungsi Rafah: Palestina Kutuk Keras, Desak Tindakan Internasional

Menlu Retno

Photo :
  • kemlu.go.id

Kondisi ini juga diperparah dengan upaya-upaya pelemahan terhadap UNRWA antara lain dengan dihentikannya bantuan donor kepada UNRWA. “Pelemahan secara sistematis UNRWA, bukan saja memperburuk pelayanan kepada para pengungsi, namun secara strategis untuk meniadakan isu pengungsi. Ini adalah tujuan strategis Israel," imbuh Retno. Selain itu, juga ada upaya-upaya pelemahan two-state solution serta keanggotaan Palestina di PBB masih terus diveto.

Menlu Retno Marsudi: Israel Secara Sistematis Hambat Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza

Diplomasi Indonesia untuk Palestina tidak pernah berhenti. “Indonesia secara konsisten memegang prinsip dan nilai-nilai universal, dan terus mendukung perjuangan Palestina, meski banyak sekali tekanan terhadap Indonesia, termasuk agar Indonesia segera menormalisasi hubungan dengan Israel," ucap Menlu Retno. “Karena kekokohan dalam berprinsip inilah maka Indonesia dihormati oleh dunia internasional," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title