Jokowi: Digitalisasi akan Menjadi Basis bagi Pengembangan Industri dan Ekonomi dalam Negeri

Jokowi saat Peresmian Pusat Inovasi Perangkat Digital Nasional
Sumber :
  • Komimfo.go.id

Jakarta, WISATA - Peresmian Indonesia Digital Test House (IDTH) menjadi momen penting dalam pengembangan produk telekomunikasi lokal yang mampu bersaing di pasar global. Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya IDTH sebagai penguat ekosistem teknologi digital lokal dengan memberikan akses sertifikasi secara mudah kepada pelaku usaha.

Pameran Teknologi dan Inovasi INTI 2024 Kembali Digelar di JI-Expo Kemayoran

"Kita tidak hanya berhenti pada pengadaan alat dan teknologi saja, tetapi juga mendorong inovasi untuk memperkuat ekosistem teknologi digital lokal dengan memberikan akses sertifikasi yang mudah," ujarnya saat meresmikan IDTH di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kota Depok, Jawa Barat, pada Selasa (07/05/2024).

IDTH merupakan transformasi dari Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo. Presiden Joko Widodo menyampaikan kebanggaannya atas keberadaan IDTH sebagai salah satu pusat laboratorium pengujian perangkat telekomunikasi terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara.

Ketegangan Geopolitik dan Resesi Global jadi Tantangan 100 Hari Kerja Prabowo- Gibran Bidang UMKM

"Ini merupakan harapan kita bersama, bahwa digitalisasi akan menjadi basis bagi pengembangan industri dan ekonomi dalam negeri dengan memberdayakan produsen lokal," tegasnya.

Sebelumnya, Menkominfo Budi Arie Setiadi telah menyatakan bahwa IDTH akan terus meningkatkan kapasitas pengujian setiap tahunnya. Pada tahun 2023, IDTH telah melayani pengujian untuk 644 fitur.

Ulasan Buku "Range: Why Generalists Triumph in a Specialized World" Karya David Epstein

"Diperkirakan pada tahun 2024, jumlah fitur yang diuji akan meningkat menjadi sekitar 1600. Dan proyeksi untuk tahun 2025 hingga 2026, IDTH diharapkan dapat melayani pengujian hingga 5.000 fitur per tahun," jelasnya.

Menteri Budi Arie Setiadi juga memberikan perhatian khusus terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dia menekankan pentingnya mendukung inovasi di bidang teknologi digital dengan memberikan kemudahan akses pengujian perangkat.

Halaman Selanjutnya
img_title