Keren, Indonesia Kini Memiliki Pusat Inovasi Perangkat Digital Nasional

Jokowi saat Peresmian Pusat Inovasi Perangkat Digital Nasional
Sumber :
  • Komimfo.go.id

Jakarta, WISATA - Indonesia telah memperkenalkan Indonesia Digital Test House (IDTH), sebuah pusat pengujian perangkat yang memenuhi standar internasional, yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Presiden Joko Widodo dengan optimisme menyatakan bahwa Indonesia akan memainkan peran penting dalam rantai pasok teknologi global.

Pameran Teknologi dan Inovasi INTI 2024 Kembali Digelar di JI-Expo Kemayoran

"Diperlukan keberanian dan terobosan untuk mencapainya," tegas Presiden dalam peresmian IDTH di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT), Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, pada Selasa (07/05/2024).

Presiden juga mendorong IDTH untuk menjadi pusat inovasi, memungkinkan produk-produk perangkat digital lokal untuk bersaing di pasar global.

Erick Thohir dan Madam Pang Beri Kabar Baik untuk Sepak Bola Asia Tenggara

"Dengan melibatkan perguruan tinggi, startup, dan UMKM, serta melakukan riset dan paten, kita dapat mendukung pengembangan, pengujian, dan sertifikasi produk-produk lokal sehingga mampu bersaing secara global," tambahnya.

IDTH saat ini dilengkapi dengan fasilitas terkini yang memungkinkan pengujian berbagai fitur perangkat digital, termasuk fitur telekomunikasi, radio frekuensi (RF), Electromagnetic Compatibility (EMC), keselamatan listrik, dan Specific Absorption Rate (SAR).

Ulasan Buku "Range: Why Generalists Triumph in a Specialized World" Karya David Epstein

Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi menjelaskan bahwa fasilitas IDTH merupakan laboratorium uji perangkat telekomunikasi yang lengkap.

"Fasilitas ini penting untuk memastikan keamanan, keselamatan, dan standarisasi produk perangkat digital, mulai dari laptop, ponsel, bluetooth, access point, televisi digital, handy talky, hingga radar," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title