Salat Iduladha di Kompleks Bumi Permata Sudiang, Makassar. Khatib Berpesan Cari Pemimpin yang Adil

Salat Ied di Lapangan Kompleks Bumi Permata Sudiang
Sumber :
  • wisata.viva.co.id

Makassar, WISATA – Salat iduladha di Kota Makassar salah satunya diselenggarakan di kompleks perumahan Bumi Permata Sudiang. Sejak sebelum pukul tujuh pagi, jamaah datang menuju lokasi salat, yaitu di lapangan di depan Masjid Babussalam.

Salat Iduladha Warga Bumi Permata Sudiang Berjalan Lancar

Cuaca cerah dan langit biru menyambut para jamaah yang hadir dengan senyuman di wajah. Tak hanya orang dewasa, hadir juga lansia dan anak-anak, bahkan bayi di gendongan ibunya. Anak-anak siap salat dan juga siap membeli balon-balon yang banyak dijual di sekitar lapangan.

Imam salat dipercayakan kepada ustaz Alam Khadafi, sedangkan sebagai khatib adalah Prof Dr Nur Bahri Noer. 

IDULADHA 2024: Ketika Gama Abilawa Memudahkan Proses Penyembelihan Hewan Kurban...

Rangkaian ibadah salat ied diawali dengan pembacaan laporan panitia, dilanjutkan dengan pembacaan tata cara salat, dan dilanjutkan dengan salat ied. Setelah salat, jamaah mendengarkan kutbah tentang makna berkurban.

Nur Bahri Noer dalam kutbahnya mengingatkan jamaah tentang awal mula turunnya perintah kurban. Dikisahkan bahwa Nabi Ibrahim tengah gundah karena ia telah menua sedangkan istrinya tidak juga mengandung. Di usia yang tak muda lagi kemudian Allah memberikan karunia berupa keturunan kepada Nabi Ibrahim. Tentunya karunia dari Allah ini diterima dengan penuh kesyukuran dan suka cita.

UGM: Panduan Memilih Hewan Kurban dari Pakar Peternakan UGM, Simak Yuk

Waktu berlalu dan suatu ketika Nabi Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah untuk menyembelih Ismail, putranya yang sangat ia sayangi. Tentu hal ini menyebabkan dilema di hati Nabi Ibrahim. Ia pun berkata kepada Ismail.

“Wahai ananda aku melihat dalam mimpi aku mendapat perintah dari Allah untuk menyembelihmu bagaimana pendapatmu?”

Halaman Selanjutnya
img_title